Betapa Ringannya Sholat

22:23 HB Seven 19 Comments

Baru saja kita memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Isra’Mi’raj merupakan salah satu mu’jizat terbesar Rasulullah SAW. Tepat pada tanggal 27 Rajab Rasulullah melakukan perjalanan Isra’ dan Mi’raj dengan ditemani malaikat Jibril. Isra’ Mi’raj merupakan suatu perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram (Mekkah) menuju Masjidil Aqsa (Palestina) yang selanjutnya langsung naik menuju Sidratul Munthoha dengan menaiki kendaraan yang khusus yaitu Buraq. Perjalanan tersebut ditempuh dalam waktu satu malam. Sesampainya di Sidratul Munthoha Rasulullah mendapatkan wahyu secara langsung dari Allah yaitu suatu perintah dari Allah untuk melaksanakan shalat.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas patutlah kita bertanya pada diri sendiri apakah didalam kehidupan kita sehari-hari sudah melaksanakan shalat secara rutin, minimal sebagai kewajiban kita selaku seorang muslim. Ataukah masih bolong-bolong dengan kata lain berling (yen kober lan eling), bahkan yang lebih parah lagi tidak pernah sholat sama sekali? Kalau hal tersebut terjadi mengapa sholat itu sangat berat untuk dilakukan?

Kalau kita kaji lebih dalam sebenarnya sholat itu sangatlah ringan. Kenapa ringan? Pertama, jumlah sholat dalam sehari hanya 5 kali, padahal pada awal mulanya Allah SWT memerintahkan kepada Rasulullah SAW untuk melaksanakan sholat dalam sehari sebanyak 50 kali. Namun kemudian atas nasehat Nabi Musa, Rasulullah mengajukan permohonan kepada Allah agar memberi keringanan jumlah shalatnya dan Allah SWT mengabulkannya. Sampai akhirnya sejumlah 5 kali sehari seperti yang kita lakukan saat ini

Kedua, karena sholat itu hanya membutuhkan jumlah waktu yang sangat relatif singkat dari keseluruhan waktu hidup kita selama sehari. Sebagai gambaran betapa ringannya waktu sholat, penulis akan coba uraikan secara sederhana sebagai berikut. Misalnya, kita didalam melaksanakan sholat diambil waktu yang tercepat yaitu lamanya kita sholat kurang lebih waktunya lima menit, sedangkan selama sehari kewajiban kita sholat fardhu adalah lima kali, maka apabila per sholat waktunya lima menit maka jika kita kalikan dengan jumlah sholat fardhu maka hasil secara keseluruhan waktu sholat kita adalah 25 menit. Mari sekarang kita bandingkan dengan keseluruhan waktu kita selama satu hari. Dalam hitungan jam satu hari itu adalah 24 jam. Mari kita berhitung lagi, 24 jam dikurangi 25 menit adalah 23 jam 35 menit. Artinya bahwa oleh Allah SWT kita diberikan waktu selama 23 jam 35 menit untuk secara bebas menjalani kehidupan ini dengan berbagai aktifitas. Selama itu pula kita bebas untuk bekerja, makan, minum, belajar, belanja, mencari hiburan. Subhanallah.

Betapa enaknya kita selaku manusia…begitu dimanjakan oleh Allah SWT. Nah, sekarang kenapa ketika Allah SWT hanya meminta waktu kita selama 25 menit untuk menghadap-Nya sangatlah berat untuk dilakukan. Padahal sebenarnya kalau kita melihat perbandingan waktu antara sholat dengan aktifitas kehidupan kita maka waktu sholat sangatlah sedikit dibandingkan dengan kebebasan yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita

Itulah sedikit gambaran tentang betapa ringannya sholat itu untuk dilaksanakan. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca, namun yang lebih penting lagi tulisan ini hanya sekedar mengingatkan diri yang lemah ini.


Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

19 comments:

  1. Sungguh terlalu orang yang tidak mau sholat padahal gak sampai satu jam tapi kayaknya berat banget

    bila dibanding dengan main PS atau Internetan bandingannya jauh banget

    ReplyDelete
  2. iya padahal sholat juga gratis ndak pake duit.....kalo internetan atao ps-an ngeluarin duit kok pilih yang pake duit ya,,

    ReplyDelete
  3. momen isra' mi'raj kali ini semoga semakin mendekatkan kita pada Allah swt dan semakin mempersiapkan diri kita dalam menyambut bulan suci ramadhan.
    Sholat memang mudah, hanya kadang jika seseorang tidak membiasakan dirinya untuk mengerjakannya tentu menjadi lain ceritanya. Karena kewajiban perlu dibiasakan semenjak usia belia. nice post..

    ReplyDelete
  4. betul mama hilda....sholat itu sangatlah mudah untuk dilakukan....namun manusianya sendirilah yang membikin sholat untuk berat dilaksanakan....

    ReplyDelete
  5. Tulisan yang menarik untuk mengingatkan....
    Makasih pak..

    Batas antara seseorang dengan kekufuran adalah meninggalkan sholat ( HR. Muslim ).

    ReplyDelete
  6. kepada kang seno dan rekan yang satu yang sudah berkenan memberikan komentar mohon maaf belum terupload pas dimoderasi salah pencet..seharusnya publish tapi malah keliru yang unpublish....sekali lagi mohon maaf..
    mohon kalo berkenan diulang kembali komentarnya...terima kasih

    ReplyDelete
  7. Wah tampilannya berubah sekarang jadi tambah indah

    semoga semakin semangat dengan template barunya

    ReplyDelete
  8. siap juragan........tengkyu barbekyu atas motivasinya.....

    ReplyDelete
  9. Jadi malu, kadang sholat sambil buru2, g sampe 5 menit dah selesai. Padahal g ada hal penting yang mau dilakuin.

    Templatenya ganti lagi, cool banget Mas Fajar.

    ReplyDelete
  10. astaghfirullah...slama ini sholat ku gimana yah.
    ya Allah terimalah sholat hamba Mu yang hina ini

    ReplyDelete
  11. Assalamu'alaikum Mas Hamdan

    Wah sepertinya masih ada kesulitan buat ngatur Layoutnya ya mas

    Kayaknya ada yang salah deh dengan apa yang aku kasih kemarin2

    aku minta maaf harusnya tidak menggunakan textarea tapi division heheheheheehehehe maklum dah tua jadi kadang salah ngasih code :D maaf ya mas

    ReplyDelete
  12. @kang seno.....he..he...he..iya nih kang kita ganti, biar sreg dihati..
    @nurichsan.....matur nuwun sudah mampir di gubukku
    @mas aden....nyante saja om....btw tenkyu atas segala bantuannya.............

    ReplyDelete
  13. mampir mas, blm sempat baca nih..agak sibuk

    ReplyDelete
  14. Benar sekali, seharusnya sholat itu bukanlah sesuatu yang memberatkan bagi umat islam!
    dan penempatan waktu sholat yang diberikan oleh allah juga sudah merupakan waktu yangtepat, dan juga bisa membuat kita lebih disiplin!
    tapi kenapa ya banyak orang yang ber-KTP islam tapi tidak menjalankan ibadah sholat!
    sudah adzam maghrib nih.. aku mau sholat dulu
    Iklan Gratis

    ReplyDelete
  15. Belum posting lagi nih Mas Fajar? :)

    ReplyDelete
  16. Makasih mas udah diingetin buat sholat.
    Jujur saya akui saya termasuk orang yg berat banget buat sholat. Padahal gak nyampe 5 menit..

    ReplyDelete
  17. @rezky pratama....terima kasih telah berkenan mampir
    @pasang iklan baris, Kaos Indonesian blogger....yup itulah manusia mas....yang memberatkan yang ringan........btw matur nuwun telah mampir....
    @kang seno....he...he....iya kang ini lagi sibuk kerjaan so lom sempat update lagi....btw matur nuwun telah diingatkan ......

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....