RUMAH IMPIANKU

11:25 HB Seven 20 Comments

RUMAH KITA
BY. GOD BLESS

Hanya bilik bambu tempat tinggal kita
Tanpa hiasan, tanpa lukisan
Beratap jerami, beralaskan tanah
Namun semua ini punya kita
Memang semua ini milik kita, sendiri

Hanya alang alang pagar rumah kita
Tanya anyelir, tanpa melati
Hanya bunga bakung tumbuh di halaman
Namun semua itu punya kita
Memang semua itu milik kita

Haruskah kita beranjak ke kota
Yang penuh dengan tanya

Lebih baik disini, rumah kita sendiri
Segala nikmat dan anugerah yang kuasa
Semuanya ada disini
Rumah kita

Suatu hari mendapatkan kabar dari seorang kawan katanya ada lomba blogging tentang rumah impianku. Sebenarnya sich diri ini agak ragu juga untuk ikut lomba ini dikarenakan sebagai blogger baru yang baru saja belajar merangkak masak mau langsung berdiri. Sambil pegang jidat terus mikir, ikut ndak ya... yach akhirnya aku mencoba ikut lomba ini walaupun rada telat nich..segeralah aku menuju ke lokasi lomba yaitu di PropertyKita.com.Blogging Competition. Oh, ya kawan-kawan ternyata di PropertyKita.com sangatlah komplit lho koleksi rumahnya. Kalau mungkin diantara kalian yang lagi berburu rumah coba saja lihat di PropertyKita.com. Pas di kantong, Pas dihati dan Pas pilihannya...

Berawal dari tragedi gempa di Yogyakarta tanggal 26 Mei 2006 yang membawa banyak kerusakan bahkan sampai menghancurkan banyak rumah termasuk rumahku yang ikut rusak parah terbukalah pikiranku akan makna rumah itu sendiri, yang kemudian menjadi cita-citaku untuk membuat suatu rumah impian. Rumah bagi sebagian orang adalah tempat yang sangat didambakan namun juga banyak orang yang hanya mampu membayangkan. Bahkan mungkin juga bagi sebagian orang rumah merupakan hal yang sangat membingungkan, yach bisa jadi karena belum mempunyai dana untuk membangun sebuah rumah ataupun juga bisa jadi kebanyakan rumah sehingga bingung mau menempati rumah yang mana. Itulah rumah.

Awal mulai membangun kembali rumah tidak terbayang sama sekali akan esensi rumah itu sendiri dan mau model apa aku akan membangun rumah impianku. Yach, bagaimana nggak bingung lha wong duit saja pas-pasan untuk membangun rumah kembali yang telah mengalami kerusakan cukup parah. Namun pada saat aku ditengah dilema, terdengar alunan lagu yang berjudul rumah kita yang pernah dipopulerkan oleh band cadas negeri kita Godbless. Begitu mendengar lagu tersebut timbul rasa optimis dalam diri ini untuk segera membangun kembali rumah yang telah rusak berat, dan dari lagu itu pula akhirnya aku mampu memahami akan bagaimana rumah impianku tersebut.

Cita rasa dalam membangun rumah setiap orang berbeda-beda. Khususnya diriku pengertian rumah adalah tempat untuk berinspirasi dan berimajinasi. Rumah bukan hanya sekedar untuk tempat berteduh dari panasnya matahari dan berteduh dari agar tidak kehujanan, melainkan rumah adalah gambaran dari rasa imajinasi hati dan pikiran yang tinggi. Karena dari imajinasi tersebut akan tercipta suatu hunian yang sangat nyaman, asri dan teduh.

Bentuk dan desain rumah itu sendiri juga adalah gambaran dari gejolak hati dan keinginan untuk menjadikannya tempat yang maha indah. Meskipun rumah yang kita tempati tidaklah harus seperti istana yang megah ataupun seperti hotel. Walaupun rumah kita biasa saja namun apabila kita mampu berusaha menata ruang dengan tata ruang dan tata letak yang pas maka rumah tersebut akan membuat kita merasa betah tinggal di dalamnya seperti didalam istana. Kita ambilkan contoh dalam penataan ruang tidur. Apabila dalam penataan kamar tidur kita bisa serasi antara penempatan tempat berbaring kita dengan luas ruangan serta juga dalam penataan pencahayaan yang baik maka kamar tidur kita itu bagaikan sebuah ruangan peraduan seorang kaisar dan permaisuri.

Selain itu juga apabila kita mempunyai ruang keluarga apabila tata ruang dan tata letak barang perlengkapan ruang keluarga tertata dengan baik maka akan terlihat asri dan indah sehingga kita bersama keluarga kita akan merasa nyaman dan santai untuk melepaskan lelah serta juga sebagai tempat berrekreasi kita sambil bercengkrama dengan keluarga setelah seharian kita berkarya diluar rumah,. Kemudian dalam penataan ruang tamu sebisa mungkin kita menata ruang tamu tersebut dengan sebaik-baiknya supaya tamu yang berkunjung ke rumah kita bisa merasa santai dan nyaman.

Untuk keperluan sang permaisuri kita dalam menyiapkan makanan bagi sang suami dan anaknya kita usahakan membikin dapur dengan suasana yang sejuk dengan semilir angin yang dihembuskan dari jendela-jendela yang dipasang untuk memudahkan sirkulasi udara di dapur. Sehingga dapur tidak hanya sebagai tempat memasak yang pengap tetapi juga bisa membikin betah dan nyaman sang permaisuri kita dalam memasak keperluan makan sehari-hari.

Jadi dalam membangun rumah impian tidaklah harus mewah, namun jika kita membangun rumah tersebut dengan hati maka akan terciptalah rumah impian itu. Itulah yang sedang aku usahakan saat ini untuk membangun rumah impianku. Aku berusaha membangun sebuah rumah tidak hanya semata-mata sebagai tempat tinggal saja, melainkan juga berusaha untuk membangun sebuah rumah yang bisa menjadi tempat untuk berbagi, tempat untuk bercanda ria dengan keluarga, tempat untuk berekreasi dirumah, juga tempat untuk berkarya dan juga tempat untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar kita.

Jadi inti dari sebuah hunianku yang saat ini masih dalam proses finishing adalah berusaha untuk membuat rumah impianku menjadi tempat yang nyaman bagi penghuni rumahku maupun yang bertamu ke rumahku walaupun hanya sebatas rumah yang sederhana. Itulah rumah impianku




PropertyKita.com Blogging Competition 09


Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

20 comments:

  1. assalamualaikum,
    sy juga pernah ke tkp tsb.tp blm berani ikutan ngirim artikelnya uyy
    blm pede.tp tulisannya oke.
    wassalam

    ReplyDelete
  2. sebenarnya sama neng rara...kita juga belum pd,namun kalau kita tidak coba kapan lagi dunk..

    ReplyDelete
  3. suryaden...matur nuwun mas atas doanya...Amien

    ReplyDelete
  4. ikut gak ya? liat dulu deh. lam kenal juga. tks dah mampir.

    ReplyDelete
  5. matur nuwun mbak fanny telah berkenan mampir..

    ReplyDelete
  6. Wah, selamat Mas Fajar sudah punya rumah impiannya sendiri. Tinggal finishing ya Mas. Memang rumah bukan hanya tempat berteduh dari panas dan hujan, tapi kalo bisa juga tempat rekreasi.

    ReplyDelete
  7. semua orang pastinya memiliki impian mempunyai rumah impian

    ReplyDelete
  8. @Kang Seno...alhamdulillah kang...walaupun sempat juga thuing2 he..he..
    @Taktiku...betul om...Tengkyu berkenan mampir

    ReplyDelete
  9. Congratulation Mas Fajar, semoga finishingnya segera executed...
    semakin ramah dengan lingkungan, rumah kita akan semakin barokah Mas!
    Suwun dan met kenal juga Mas!

    ReplyDelete
  10. Amiiien...matur nuwun atas doanya mbak yulinda...sekaligus telah berkenan mampir...

    ReplyDelete
  11. waaahh, moga sukses ya....rumah impiannya terwujudkan...:)

    ReplyDelete
  12. Wah, makin rame aja nih yang ikutan kontes rumah idaman...
    Moga menang yah :)

    ReplyDelete
  13. @buwel, a chen, zippy..Amien...tengkyu telah berkenan mampir di gubugku om...

    ReplyDelete
  14. Wah, saya jadi inget masa kecil dulu kalo inget lagu itu, hehee

    ReplyDelete
  15. salam sobat
    senang pastinya ya,,,bisa terwujud rumah impiannya,,,,
    semoga selalu bahagia yang menghuni rumah impian tersebut.

    ReplyDelete
  16. @dede online...yup memang mantap lagunya om
    @Nura...Amieen terima kasih bunda nura

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....