Basa Walikan

09:56 HB Seven 61 Comments

Dayi dalad dab..., dayi sangi.., hire nyasaye..., pahin poya dab.., ya ho ho,..., pemad gedhad, lengip gedhad...

Sempat kemarin di facebook....nulis status pake bahasa seperti diatas. Bagi temen-temen di facebook khususnya yang pernah tinggal di Yogya pasti langsung memberikan komentar dengan bahasa serupa berkaitan dengan status yang ditulis di facebook. Pasti rekan blogger khususnya yang berada diluar Yogyakarta pada bingung sekaligus bertanya-tanya ya...melihat kalimat diatas. Yups itu merupakan bahasa walikan khas Yogya dengan kata lain bahasa slang atau bahasa gaul ala Yogya.


Sebenarnya bahasa diatas diambil dari susunan huruf Jawa yaitu

Ha na ca ra ka
Da ta sa wa la

Pa dha ja ya nya
Ma ga ba tha nga
Susunan diatas merupakan susunan baku dari urutan huruf Jawa...untuk menjadikan bahasa walikan seperti diatas maka susunan baku tersebut di bolak-balik jadi seperti ini

Ha na ca ra ka
pa dha ja ya nya

da ta sa wa la
ma ga ba tha nga


Untuk menyusun menjadi basa walikan kita tinggal mengambil huruf di atas atau dibawahnya saja. Mengenai huruf hidupnya tidak berubah tetap mengikuti huruf hidup pokoknya.
Contohnya sebagai berikut:
Bali (pulang) menjadi sangi. Lihat baris no 3 dan 4. Kata bali terdiri dari suku kata ba dan li. Ba terletak dibawah huruf sa, sedangkan li tepat berada di atas huruf nga. Apabila disatukan maka menjadi sangi. Karena huruf hidup tetap mengikuti huruf asalnya maka yang awal mulanya nga menjadi ngi.

Ok....contoh yang lain yaitu :
Mas apabila dijadikan bahasa walikan maka menjadi dab. Caranya seperti diatas tadi, yaitu Mas terdiri dari suku kata Ma dan huruf s. Suku kata ma berada dibawah huruf da, sedangkan huruf s berada di atas huruf ba... maka kalau digabung menjadi dab. Lho kok dab bukan daba? Karena huruf terakhir dari kata mas yaitu huruf mati, maka bahasa walikannya juga mengikuti huruf aslinya.

Kawan blogger pasti kenal ngerti dunk...dengan salah satu personil Letto yang bernama Patub. Kalo ndak salah di pegang gitar di Letto. Sebenarnya Patub itu merupakan bahasa walikan. Patub asal katanya dari kata agus, kalo ndak percaya silahkan praktekkan....
Itulah kira-kira cara membuat bahasa slang khas Yogya.


Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

61 comments:

  1. jadi mumet... masih belom paham bener...

    ReplyDelete
  2. Baru tau aku tentang arti kata "dab"... hahaha...

    ReplyDelete
  3. wah.... pusing aku nggak paham... sueerrr...

    ReplyDelete
  4. Aku yg orang jogjapun binun kok, dari dulu bhs gini aku kenal, tp pengen bisa sulit bnr, sulit deh..kl dab itu yg aku bisa..

    ReplyDelete
  5. @sang cerpenis...gatal ya mbak ...
    @rock...masak sih mas.....
    @seti@wan dirgant@ra...waduh pake sueer segala...
    @lilah...padha wae mbak......he.hhe...

    ReplyDelete
  6. @psychosocial....walah ndadak pake mumet ..segala om..

    ReplyDelete
  7. Wes suwe aku ngerti boso ngono wi, ning arep njajal koq ra tau iso yo aku?

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. hihihi.....
    pernah denger sih dulu mas fajar

    personal letto itu yah
    ehehe iya... dia pinter bahasa walikan
    orang solo pa jogya yah tuh patub
    wkwkkw

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. jape methe dab!! poya hoho...

    ReplyDelete
  12. saya lupa semua bro,bahasa hanacaraka heheh.Aku pikir statusmu pakai bahasa eropa(tapi beda) heheh.

    ReplyDelete
  13. @lumbung hati....memang agak susah..yang orang jawa asli pun belum tentu bisa
    @kang sugeng....walah kang sugeng ki hanya merendah wae...
    @trimatra...hire nyasaye...pahin??
    @aishalife-line...eropa sing seneng mangan thiwul..mbak...he..he..

    ReplyDelete
  14. beda ya sama basa walikan nya Malang..

    ReplyDelete
  15. Yogya di tanah jawa.tp aku kok ra ngerti boso gaulnya.harusnya jika gaul pasti terkenal di jawa ini.trmasuk jatim.aneh

    ReplyDelete
  16. walah walah repot amat sob, itu bahasa walikan di yogya ya?
    nah, dulu critanya wkt jamannya ibu aku msh kcl, ibu aku jg punya bahasa walikan sm tmn2 genknya, intinya sama, membalik kata. tp yg ini mgkin lbh rumit lg. contohnya:
    "kamu mau kemana?"
    walikannya menjadi:
    "anamek uam umak?"
    gitu, kebayang gak repotnya.... :)

    ReplyDelete
  17. @elsa..yups..setiap daerah mempunyai cirikhas masing-masing..
    @tomo....kalo pernah di yogya pasti kenal boss....
    @penghuni60...weks...repot bener itu om...

    ReplyDelete
  18. wakakakakakakkaka.. gitu thoh, pantesan saya nggak ngerti... ehm kalo di tegal itu basa walikan yak basa tegal diwalik langsung gituh, nggak pake pakem honocoroko mas, kek mas ya sam gituh.. hehehehe

    ReplyDelete
  19. dab padmadh goh map!
    pimuh cotca...
    papapapapapappapapapapapapapapappa!

    ReplyDelete
  20. negeri kita memang kaya dengan ragam bahasa :)
    hehehe

    ReplyDelete
  21. Suwe ra praktek.. dadi rodo angel nangkep lagi...

    ReplyDelete
  22. @aanku91 & blog inspirasi.....yach..itulah ragam bahasa om..
    @achen.....kalo tegal langsung dibalik ya..
    @buwel....wkkk...wkkk....langsung praktek nih...
    @xitalho....praktekin maneh dunk....

    ReplyDelete
  23. Bukannya diatas kata "nga" itu "la" mas..?? :D
    Bener atau salah ya? :D

    ReplyDelete
  24. Beuh...baru tau saya mas ada bahasa seperti itu.
    Bahasa bolak-balik :D

    ReplyDelete
  25. @zippy....betul mas..itu kurang geser dikit..thanks...masukane..
    @dunia hape...tambah koleksi bahasa mas...

    ReplyDelete
  26. salam sobat
    mengingatkan saya saat dulu di Yogyakarta nich.
    sekarang sudah lupa basa walikan ini.

    ReplyDelete
  27. basa walikan yang aku tau cuma dagadu...
    itu aja,pas banget buat ngeledekin temen tuh...

    ReplyDelete
  28. biyen awalnya tak kira basa suriname, ngertinya cuma japi methe, dagadu dan dab liyane ga dhong :D

    ReplyDelete
  29. wah, sama kayak kera ngalam nih
    hehhehe
    di ngalam juga pake osob kiwalan sam..hehehe

    ReplyDelete
  30. itulah asal kata dagadu yang ternyata adalah ....

    kabur.....!

    ReplyDelete
  31. pengen lotse lotse nang malioboro maning diriku dab

    ReplyDelete
  32. dab sebutan anak2 jogja ternyata historynya g2 mas
    hehehhe thx dah :)

    ReplyDelete
  33. @nura...mengingat masa lalu mbak..
    @sang cerpenis..malam mbak..
    @rahad2six...ya jangan tho...
    @jiox....minimal tahu om..
    @yanuar....begitulah..
    @joe...yups..akhirnya tahu juga ya...
    @soewoeng....ora melu-melu...dab...wkkk..wkkk..
    @koplak....lotse opo dab...ojo dasun lan dudhgap...lho..he..he...
    @daniel....betuul....om...

    ReplyDelete
  34. Hehehe, "Dab" (yang bener tulisannya "dab" atau "dhab"?)Khas Jogja banget y?...

    Pengen k Jogja lagi...

    ReplyDelete
  35. hihihi
    itu juga digunakan dalam aksara bali mas tapi ada sedikit perbedaan..:)

    ReplyDelete
  36. mas kalau semarang kan bilangnya "ndes" ada historynya juga ga hehhehe

    ReplyDelete
  37. oalahh.. apa artinya itu??? #pusing

    ReplyDelete
  38. Wach jadi binun sob mengartikannya padahal saya juga orang jawa asli hehehe,btw makasih infonya dan saya jadi tau bahasa diwilayah Imdonesia tercinta ini...:D

    ReplyDelete
  39. Lho lho....bahasa jawa ya?sip dan hebat deh......lestarikan warisan leluhur...saya ikut dukung dengan komen hehe met malem

    ReplyDelete
  40. Mana nih update-an terbrunya? ditunggu ya....

    ReplyDelete
  41. Fajar, ada award ne...
    dijemput ya ,,,,!

    ReplyDelete
  42. waduh artinya pa tuh brad...

    ReplyDelete
  43. Kaya bahasa ngalam gitu ya?
    Osed kakehan nakam olet..
    hehehehe..

    ReplyDelete
  44. @disatria febri...maen dunk ke jogja...
    @tukang colong...yups betul mas....ada perbedaan sedikit....
    @daniel...walah kurang ngerti mas...
    @miwwa....apa ya..
    @infophone....yups belum tentu semua orang jawa bisa mas..
    @ello arhisthosiyoga & aribetter,,,,thanks telah mampir...
    @psychosocial @ ketawa bersama oby...siiip...tunggu aja..
    @rubiyanto..ok tengkyu....tak ambil..
    @odonk's....apa ya om...thanks telah mampir juga nih..
    @itik bali..mungkin...tik.....

    ReplyDelete
  45. aku pernah belajar kaya gini tapi lupa lagi
    hanacaraka datasawala
    anak cilaka bapa kababawa

    ReplyDelete
  46. ooo gitu to mas...hehehe....
    aku yg lama tinggal di jogja baru tau nih....

    ReplyDelete
  47. bapinyi panyu gab leygi dab....

    daguy buthul ra


    bener gak ini mas cara nulisnya?hehehe

    ReplyDelete
  48. hahaha jogja emang kagak ade matinye...

    ReplyDelete
  49. ow... aku baru tahu,
    lucu juga kaya bahasa sandi,
    di Malang juga ada basa walikan khas Malangan,
    tapi gak gitu susunanyya..
    "kera ngelam uklam-uklam" artinya arek malang mlaku-mlaku, gitu kalau basa walikan malang, cuma dibaca dari belakang, huhhu,,

    salam kenal,:)

    ReplyDelete
  50. Wah kratif bener neh...

    aku sampe gak mudeng komen-komennya...

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....