Pancasila: Dimanakah Kau Berada Kini?

10:08 HB Seven 71 Comments


Rusuh....Anarki................Tawuran.................Perang saudara/antar suku...Itulah yang terjadi saat ini di negeri tercinta ini. Tiap hari mendengar terjadi kerusuhan dimana-mana. Kerusuhan dengan berbagai sebab entah itu yang disebabkan Pemilukada, perebutan wilayah kekuasaan, demonstrasi, perang saudara, perang antar suku. Edaaaannnnnnnn.......betul.......kenapa negeri ini yang terkenal dengan keramahtamahannya menjadi negeri yang anarkis. Apa yang salah di negeri ini.

Selepas reformasi, bangsa Indonesia larut dalam euforia reformasi. Setelah sekian lama terbelenggu dalam kemiskinan berkreasi, berpendapat, berdemokrasi, dan berpartai akhirnya begitu lega lepas dari kemiskinan tersebut setelah reformasi digulirkan. Namun euforia itu ternyata kebablasan. Soul reformasi yang digaungkan selama perjuangan dalam mencapai kebebasan tersebut ternyata hilang sama sekali. Diibaratkan seorang penyanyi yang membawakan sebuah lagu, apabila soulnya tidak dapat maka lagu itu terasa hambar, garing. Demikian pula halnya dengan reformasi yang dialami oleh bangsa ini. Selama 12 tahun sejak reformasi digulirkan pada tahun 1998 ternyata sampai saat ini soulnya malah hilang. Bangsa ini terlena dengan kebebasan yang telah diperoleh, sehingga melupakan akan visi misi reformasi itu sendiri. Bahkan di era reformasi ini masyarakat Indonesia lupa akan jati dirinya dan ideologi bangsa ini yaitu Pancasila. Padahal ideologi Pancasila merupakan hasil warisan para pendiri bangsa (The Founding Fathers) yang telah memikirkan dengan sungguh-sungguh akan pedoman dan pandangan hidup bangsa sehingga lahirlah Pancasila demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini. Namun saat ini sebagian elemen bangsa telah melupakan nilai-nilai Pancasila yang begitu luhur. Misalnya, nilai-nilai musyawarah untuk mufakat dan nilai-nilai keadilan telah dilupakan, sehingga kekerasan terjadi dimana-mana.

Disatu sisi hal ini memang sungguh ironi sekali, namun disisi lain bisa dipahami kenapa sebagian masyarakat Indonesia tidak menginginkan. Sebabnya antara lain, karena dimasa Orde Baru Pancasila sangat dikeramatkan, Pancasila merupakan bagian dari bahasa bahkan simbol eksklusif si berkuasa, dan dalam mendukung Pancasila dengan kekerasan. (Lihat Goenawan Muhammad, Menggali Pancasila Kembali, Naskah Pidato Peluncuran politikana.com di gedung Teater Komunitas Salihara Jakarta, 27 April 2009). Sehingga pada masa Orde Baru, Pancasila menjadi suatu ideologi yang tertutup dan juga menjadi momok bagi para pengkritik kebijakan pemerintah Orde Baru. Padahal Pancasila sendiri mengisyaratkan sebagai suatu ideologi yang terbuka, yang senantiasa mengayomi kehidupan bangsa ini. Hal ini bisa dilihat dalam sila-sila Pancasila dan butir-butir Pancasila yang mengejawantahkan akan makna Pancasila itu.

Dengan semakin hilangnya Pancasila saat ini, maka bangsa ini menjadi terombang-ambing dikarenakan tidak ada pandangan hidup atau pegangan hidup yang bisa dijadikan landasan untuk memecahkan segala persoalan yang terjadi di negeri ini. Sehingga perlu kembali Pancasila sebagai ideologi negara dan pandangan hidup bangsa ditegakkan kembali. Supaya bangsa ini bisa menjadi bangsa yang senantiasa mengedepankan musyawarah untuk mufakat dan senantiasa menjunjung tinggi keadilan. Meskipun hal ini tidak bisa dilakukan serta merta, karena ada sebagian masyarakat yang masih belum bisa menerima akan hadirnya Pancasila kembali disebabkan luka yang pernah mereka alami pada masa Orde Baru.

Meskipun demikian, Pancasila masih merupakan jawaban utama dalam memayungi keberagaman di negeri ini. Dengan semboyannya Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila merupakan rumah yang teduh dalam mengayomi kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena Pancasila dilahirkan didasarkan pada kemajemukan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.
Postingan ini ditulis dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni

note:gambar diambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/Pancasila



Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

71 comments:

  1. Tapi sepertinya semua pelaku keanarkian itu sudah pernah mendapat penataran P4 lho. Terus bagaimana mas?

    ReplyDelete
  2. Benar Sob, nilai2 luhur Pancasila mulai di tinggalkan. Harus segera di tanamkan lagi untuk menyelamatkan generasi mendatang.

    ReplyDelete
  3. udah luntur sangat dah
    pancasilanya.....

    ReplyDelete
  4. semangat pancasila seharusnya tetap dijunjung tinggi ya

    ReplyDelete
  5. salam sobat
    kini Pancasila hanya berada didinding saja sebagai hiasan mas,
    makna dan menjunjung tingginya kini sudah luntur diamuk keanarkisan dan kerusuhan belaka.

    ReplyDelete
  6. pancasila kini cuma berada di dinding2 sekolah, kantor2, cuma sebagai hiasan saja
    hiks,,

    ReplyDelete
  7. salam sobat
    mari kita junjung tinggi nilai Pancasila,
    agar tidak luntur ya,,

    ReplyDelete
  8. sampe2 lupa hari lahir pancasila 1 Juni,,

    ReplyDelete
  9. Menyedihkan semakin hari gaungnya lenyap!

    ReplyDelete
  10. Lebih baik tidak hafal tapi tindak tanduknya pancasila, daripada tahu mendetil tapi tindak tanduknya memuakkan!

    ReplyDelete
  11. mari pertahankan pancasila sampai titik darah penghabisan.... ^^

    ReplyDelete
  12. semangat pancasila harus segera dibangkitkan kembali ....

    ReplyDelete
  13. @ajeng....ketika penataran P4 hanya sebuah formalitas....
    @anak rantau, sang cerpenis, rezky pratama,nura, eysa, nuansa pena....betul..mari kita coba menelaah kembali akan Pancasila dan berusaha untuk mengamalkan nilai-nilai luhur didalamnya..
    @aby umy, aura pelupa...sungguh tragis...betapa sedihnya the founding fathers negeri ini...melihat kenyataan yang ada..
    @nietha....sama mbak...

    ReplyDelete
  14. aku gak apal pancasila...
    *serius*

    yg penting pengamalannya aja ya bang..
    dan indonesia tetap satu

    ReplyDelete
  15. Selamat ultah Bung Karno, semoga aromanya lekang sampai akhir jaman.

    ReplyDelete
  16. Mari kita junjung tinggi nilai Pancasila...

    ReplyDelete
  17. Yups bagaimanapun juga ideologi ini adalah yang terbaik...
    moga semakin membaik...

    ReplyDelete
  18. Mari berpancasila, dan moga jaya!

    ReplyDelete
  19. Selamat hari kelahiran pancasila..:)

    ReplyDelete
  20. nilai-nilai pancasila sudah pudar sob di era ini, apalagi generasi mudanya. Jangankan nilainya hafal sila 1 - 5 aja sudah bagus, harus benar-benar dicekoki dan dicokoli lagi tentang nilai2 dan mempraktekan secara langsung.
    nice inpo :D

    ReplyDelete
  21. Mari sama-sama tetap MENDUKUNG DAN MENJUJUNG tinggi nilai-nilai Pancasila bro.Selamat hari Pancasila...Merdeka!!!

    ReplyDelete
  22. Wach kelihatannya semakin berbahaya Mas karena sekarang nich bnr2 sdh dilupakan keberadaan Pancasila dinegeri ini,semoga tidak terjadi pada generasi penerus kita Mas.

    ReplyDelete
  23. mari kita Kembalikan ruh dan jiwa pancasila kedalam dada anak-anak negeri....selamat hari lahir pancasila sakti!!!

    ReplyDelete
  24. kdng seorang guru menyurh muridnya untuk menghafalkan pancasila,
    tp buat apa klo hanya untuk dhafal saja....

    ReplyDelete
  25. @aslamdunk....nggak hapal yang penting ngamalin nilai-nilau luhurnya ya om....
    @gek....weee....gek muncul lagi welkambek gek....sekali diudara tetap diudara... (minjem istilahnya RRI)
    @rubiyanto,rock, buwel, achen....yuukk...marii.....kita amalkan nilai-nilai pancasila..
    @tukang colong....siiip..
    @blog sederhana, aishalife line, trimatra,....yups..bisa jadi harus seperti itu om..namun jangan sampai kemudian Pancasila dijadikan legitimasi untuk melanggengkan kekuasaan..
    @infophone.kdr....semoga mas
    @odonks...betul sekali tidak hanya dihafal namun juga diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara....

    ReplyDelete
  26. Itulah yang terjadi jika pancasila tidak di amalkan

    ReplyDelete
  27. Berkunjung cari info baru

    ReplyDelete
  28. Sudah tradisi kali ya, inget pancasila waktu sekolah doank, hbs itu tau deh dikemanain,
    Maaf sahabat, pertama kali ku bingkis sesuatu untukmu, tlg ambil...
    matursuwun..

    ReplyDelete
  29. aku juga mencgucapkan selamat hari lahirna [ancasila
    meski telat beberapa hari
    heheh
    :D

    ReplyDelete
  30. wah aku telat datangnya nuy
    jadi telat juga ngucapin hari lahirna pancasila
    :D

    ReplyDelete
  31. halo sobat salam kenal
    bloggnya keren
    terima kasih

    ReplyDelete
  32. :)
    selmat hari Pancasila mas Fajar
    maaf telat

    Pancasila sekarang cuma hiasan aja :(
    nilainya sudah gak di amalkan lagi..
    tuh lihat gedung DPR mau di bangun lagi
    dengan dana yang guedenya bukan main..
    padahal gdeungnya kan masih bagus
    cengeng banget tuh DPR

    ReplyDelete
  33. Suwun arek ganteng ya.
    Atas terpasangnya linkku yang jelek ini hehehe

    ReplyDelete
  34. kayae q udah gak hapal pancasila secara detail deh, hohohoho...
    semoga nilai2nya gak q lupakan juga...

    ReplyDelete
  35. Masalahnya masyarakat saat ini tak punya contoh/teladan dari para elit, termasuk dari pemerintah sendiri. Coba perhatikan, seriuskah ketika pemerintah memperingati Hari Kesaktian Pancasila? Hanya alakadarnya dan terkesan -- kata orang Sunda, "tambah henteu"). Bahkan hampir semua produk/program Orde Baru terkesan ingin dilupakan, padahal banyak hal baik yang mestinya dipertahankan. Jadi sebetulnya era reformasi itu tidak ada, yang ada adalah era re-posisi. Wajar bila kehidupan kita saat ini amburadul.

    ReplyDelete
  36. Iya.., sepertinya nilai2 Pancasila udah mulai dilupakan nih oleh Bangsa kita. Sedih melihat pertikaian yg terus menerus terjadi akhir2 ini.

    ReplyDelete
  37. Semoga saja, kita semua dapat kembali pada Pancasila, karena Pancasila memuat nilai2 luhur bangsa kita...

    ReplyDelete
  38. nongol lagi ni brada,,,
    met malam brada

    ReplyDelete
  39. Bertetangga saja sudah tidak saling mengenal!

    ReplyDelete
  40. Kita mulai dari kita untuk mengamalkan Pancasila!

    ReplyDelete
  41. ideologi pancasila di indonesia harus dipertahankan dan dijunjung tinggi....

    ReplyDelete
  42. wah, para pejabat negara dan anggota dewan yang terhormat udah lupa tuh,, cukup dibibir saja,, mereka sering bicara tentang moral, tapi dimana??

    ReplyDelete
  43. aku melu ngelu jar mikirno negoro iki, mbuh arep dadi opo

    ReplyDelete
  44. euforia reformasi memang membuat bangsa kita kebablasan. bukti bahwa kita belum dewasa..

    ReplyDelete
  45. rasanya, pancasila bagaikan aksesoris yang sudah tidak dipakai lagi...

    ReplyDelete
  46. kalo udah ketemu ama pancasila, kasih tau saya ya :D
    ijin follow

    ReplyDelete
  47. @tomo, blogs ekspor impor....yups...ketika pancasila hanya hafalan dan pajangan didinding..
    @uswah..monggo....
    @lilah...matur nuwun mbak..
    @sang cerpenis...he..he..
    @naila...semoga...
    @arus rasyid..era re-posisi...wah..istilah yang mantap....
    @catatan kecil, the others...semoga mbak sehingga bangsa ini kembali menjadi bangsa yang besar
    @nuansa pena...betul...betul...betul...
    @aura pelupa.......mari...
    @naufan karzanik...siaaap..
    @eysa...malam mbak...
    @agus...manis dibibir saja...namun pahit di realitanya..
    @mobile blogging tutorial...podho wae kang.....aku ya ngelu je....
    @edwin personal's blog...betul...saat ini yang ada hanya kepentingan....
    @phie...ok lah kalo begitu..siiip...ntar tak follow balik..juga..
    @tukang colong...thanks sob....

    ReplyDelete
  48. PANCASILA
    satu Ketuhanan Yang maha Esa

    ReplyDelete
  49. Dua : Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

    ReplyDelete
  50. Met siang, moga sukses ya Dab.. :-)

    ReplyDelete
  51. salam kekerabatan dari sahabat blogger...

    ReplyDelete
  52. hhnnnggg..... oyaa udeng aku jane...
    ;))

    ReplyDelete
  53. ayo! mari bersama sama mengucapkan dasar dasar pancasila

    1. ketuhanan yang maha esa

    2. kemanusiaan yang adil dan beradab.

    3. persatuan indonesia.

    4. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksaan dalam permusyawarahan dan perwakilan

    5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

    siapa yang gak apal dasar pancasila, mendingan hormatin tuh bendera merah putih di sekolah hehe

    ReplyDelete
  54. Jadikan pancasila menjadi dasar, tiang, penyangga negeri kita ini....

    ReplyDelete
  55. Sungguh semakin memprihatinkan negeri ini, dimana norma2 yang terkandung dalam pancasila yang digunakan sebagai landasan bangsa...semua seakan hilang ditelan segala tingkah ruah rakyatnya..
    Sukses Slalu!

    ReplyDelete
  56. Duh Gusti...
    miris memang mendengar peristiwa peristiwa yang terjadi di Negeri kita :(

    ReplyDelete
  57. berkunjung sekaligus silaturrahmi
    mencari info terbaru
    terima kasih

    ReplyDelete
  58. Selamat mlm Mas Fajar maaf baru sempat berkunjung sambil cari info baru,semoga sukses selalu...:D

    ReplyDelete
  59. Nilai pancasila, jangan sampai tekikis. Ayo bersatu!

    ReplyDelete
  60. harus ada lagi tuh pelajaran PMP, Pendidikan Moral Pancasila

    ReplyDelete
  61. kunjungan sore Fajar ...
    dah mandi belum ...?

    ReplyDelete
  62. MAmpir Sob, di tunggu postingan berikutnya.
    By :
    Anak Rantau

    ReplyDelete
  63. ditunggu postingan berikutnya .....

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....