MARHABAN YA RAMADHAN

08:42 HB Seven 39 Comments

Marhaban Ya Ramadhan. Tanpa terasa bulan Ramadhan telah menghampiri kita. Banyak orang yang lakukan dalam mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Ada yang melakukan padusan di telaga, di kolam renang, bahkan pula ada yang melakukannya di 7 sumber mata air. Selain itu juga biasanya di tiap masjid dilakukan kerja bakti kebersihan lingkungan masjid dengan datangnya bulan yang penuh rahmat. Kegiatan kerja bakti ini ada yang hanya sekedar membersihkan lingkungan masjid, tapi ada juga yang sampai mengecat ulang tembok masjid yang telah kusam. Sedang untuk pengecatan ulang untuk tahun ini tdika dilakukan. Biasanya kalau tiap Ramadhan, masjid tempatku dilakukan pengecatan ulang. Namun karena untuk ramadhan tahun masih bagus, maka hanya dilakukan kerja bakti biasa. Selain membersihkan lingkungan masjid juga pencucian karpet masjid. Beruntung cuaca sedang bersahabat sehingga penjemuran karpet bisa langsung kering. Selain kerja bakti kebersihan lingkungan masjid, dalam menyambut puasa tahun ini pihak takmir masjid juga melaksanakan outbond bagi para remaja.

Tepat hari Sabtu kemarin tanggal 07 Agustus 2010 Takmir Masjid Nurul Hidayah di dusunku mengadakan kegiatan outbond sekaligus kontemplasi diri di Pantai Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul. Para pesertanya adalah Remaja Masjid Nurul Hidayah. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membersihkan hati kembali dalam rangka menyambut bulan Ramadhan tahun ini, sekaligus mewadahi kembali para remaja di kampungku dalam suatu wadah remaja masjid. Setelah selama 10 tahun para remaja ini kehilangan wadahnya. Kalau 10 tahun yang lalu bernama perkumpulan muda-mudi, untuk saat ini diganti dengan remaja masjid. Kenapa bisa sampai kehilangan wadahn ya? Hal ini disebabkan selepas generasiku anak-anak yang saat ini sudah remaja masih kecil-kecil. Sedangkan para anggota perkumpulan muda-mudi seangkatanku sudah mulai pada pergi ke luar daerah untuk mencari pekerjaan ataupun sudah mulai berumah tangga. Sehingga perkumpulan muda-mudi akhirnya bubar dengan sendirinya.

Kegiatan outbond itu sendiri sebenarnya dilaksanakan secara mendadak, sebelumnya tidak ada perencanaan sama sekali untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Hal ini tercetus ketika rapat takmir masjid dalam yang membahas persiapan menyambut bulan suci Ramadhan. Kalau Ramadhan di tempat saya antara orang tua dan remaja/anak-anak dalam pelaksanaan sholat tarawih dipisah tempatnya. Kalau orang tua dalam melaksanakan sholat tarawih berada di masjid, sedangkan untuk remaja dan anak-anak dilaksanakan dirumah yang berada dekat masjid. Berkaitan dengan itu kemudian ada yang mengusulkan bagaimana agar para remaja bisa optimal dalam melaksanakan puasa tahun ini, sekaligus juga membentuk kembali wadah bagi mereka. Usulan tersebut langsung diterima.

Untuk menarik ketertarikan para remaja maka dalam rapat takmir dicetuskan namanya outbond. Hal ini agar para remaja tertarik untuk mengikuti acara tersebut. Dalam acara outbond itu dimasukkanlah materi pelatihan dakwah tersebut. Karena kalau tidak disiasati seperti itu biasanya para remaja enggan untuk mengikuti acara tersebut. Alhamdulillah meski mendadak, kegiatan tersebut mampu menarik peserta remaja kurang lebih 30 orang. Dalam kegiatan outbond di Pantai Depok ini agendanya antara lain kontemplasi diri atau renungan malam, dilanjutkan dengan shalat Tahajud, pembentukan kepengurusan remaja masjid, permainan, dan yang terakhir refreshing. Nah, pas pelaksanaan kegiatan ini ada kendala sedikit yaitu soal tempat. Sebenarnya kami dari panitia pelaksana sudah pesan tempat untuk menginap, namun ternyata tempat yang telah kita pesan sudah ada yang booking. Namun, kata pemilik penginapan kita tetap bisa memakainya. Tempat clear untuk sementara, tetapi pas kita di lokasi ternyata tamu yang telah memesan tersebut acaranya sangat kontras dengan acara kami. Bagaimana tidak kontras, lha wong kita pengin kontemplasi masak sebelahnya ajojing alias pesta. Akhirnya dengan gerakan secepat kilat kita mencoba menghubungi takmir masjid Pantai Depok meminjam serambi masjid untuk kita pergunakan sebagai tempat pelaksanaan acara. Alhamdulillah, ternyata pengurus masjid Pantai Depok dengan tangan terbuka mengijinkan lokasi masjid untuk dipergunakan, malah kami ditawari aula masjid, yang lumayan bersih bahkan sangat pas untuk pelaksanaan acara tersebut. Demi kelancaran semuanya, kami memutuskan untuk tempat ada di aula masjid, sedangkan untuk makan kami tetap memesan tempat yang telah kita booking sebelumnya. Ternyata kalau kita mempunyai niatan baik, Allah SWT senantiasa memberi jalan keluar yang terbaik bagi kita.

Rangkaian kegiatan yang telah kami susun berjalan sesuai yang di rencanakan. Renungan malam berjalan lancar, dan tidak ada godaan sedikitpun dari makhluk lain, pelaksanaan sholat tahajud juga bisa ikut semua, kecuali remaja putri yang sedang datang bulan, pembentukan pengurus juga selesai, outbond itu sendiri juga tanpa hambatan, apalagi yang terakhir yaitu refreshing alias main-main di pantai...wuiiih....lancar sekali..... Akhirnya tepat pukul 09.30 kami pulang menuju rumahku surgaku.

Allah SWT telah memberi kebebasan sepenuhnya selama 11 bulan kepada kita untuk menikmati lezatnya makanan dan minuman. Dan kini Ramadhan telah datang, mari kita luruskan kembali niat kita dalam melaksanakan ibadah puasa tahun ini. Janganlah kita melaksanakan puasa karena sebagai suatu kewajiban atau malah dianggap sebagai beban, namun marilah kita laksanakan puasa tahun ini dengan penuh keikhlasan dan kerinduan kita akan hadirnya bulan Ramadhan. Dimana bulan ini hanya bisa kita temui satu bulan sekali dalam satu tahun.

Keluarga Ageng Ndalem Hamdanan merasa masih banyak kekurangan dan kelemahan sehingga kadang dalam merangkai kata ada yang kurang berkenan di hati para rencang blogger maka dengan segala kerendahan hari kami memohon maaf lahir dan batin. Mudah-mudahan puasa tahun ini kita tidak hanya sekedar mendapatkan lapar dan haus saja melainkan bisa mendapat rahmat, barokah, ridho dan maghfiroh dari Allah SWT. Amieen...

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa



Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

39 comments:

  1. selamat menunaikan ibadah puasa ya....
    rencang blogger dari semarang mengucapkan selamat beribabadah puasa bulan ramadhan

    ReplyDelete
  2. Sama, mohon maaf lahir batin juga ya.
    Selamat menjalankan ibadah puasa.
    Dan selamat pula remaja masjidnya telah terbentuk kembali.

    ReplyDelete
  3. selamat menunaikan ibadah puasa ya kang..
    semoga gol sampai hari kemenangan..amiennn

    ReplyDelete
  4. aaslamdunk...siaap...dah...
    @arus rasyid...maturnuwun...
    @yanuar....goooooll.....he..he......

    ReplyDelete
  5. Selamat menunaikan ibadah puasa!

    ReplyDelete
  6. marhaban ya ramadhan....

    selamat menjalankan ibadah puasa ya mas ^^

    ReplyDelete
  7. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA KAWAN . .sering2 mampir ^^

    ReplyDelete
  8. Semoga sukses dan barokah...... Mohon Maaf Lahir Bathin mas

    ReplyDelete
  9. Selamat menjalan ibadah puasa kawand
    semoga puasa kita diterima oleh Alloh SWT.
    Amiin

    ReplyDelete
  10. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga barokah...
    Mohon maaf lahir dan batin...

    ReplyDelete
  11. Akhirnya... aku bisa hadir lagi disini setelah beberapa lama "dihilangkan" hehehe

    ReplyDelete
  12. Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan. Semoga puasa kita tahun ini lebih berkualitas.

    ReplyDelete
  13. Marhaban ya ramadhan.
    Selamat menunaikan ibadah puasa

    ReplyDelete
  14. Silaturahmi, selamat beraktifitas!

    ReplyDelete
  15. mohon maaf lahir batin

    salam

    ReplyDelete
  16. semoga ramadhannya menjadi yang terbaik ya...Amin

    ReplyDelete
  17. saya punya kontes kecil2an nih ....

    Hanya dengan menjadi top commentator di http://fireworkslovers.com anda berhak mendapatkan sebuah modem. Hehe, gimana? Tertarik? Read more.. karena baru dimulai, jadi masih ada banyak waktu ko ...

    ReplyDelete
  18. Pak, maaf banget... aku tak tahu bagaimana cara kawanku kemarin mengatasi masalah dalam blogku.
    AKu kemarin hanya kirim email dan password aja ke dia dan selanjutnya dia yang mengurusnya. Kebetulan, dia tinggal di Jakarta, jauh dariku.

    ReplyDelete
  19. marhaban ya ramadhan...
    selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan
    mohon maaf atas segala kehilafan dan semoga amal ibadah kita diterima allah swt, amin
    Sukses Slalu!

    ReplyDelete
  20. selamat menjalankan ibadah puasa... saur pake apa nii kang hari ini?!??!?!

    ReplyDelete
  21. Bila kata merangkai dusta..
    Bila langkah membekas lara…
    Bila hati penuh prasangka…
    Dan bila Ada langkah yang menoreh luka.Mohon bukakan pintu maaf…
    MARHABAN YAA RAMADHAN...

    ReplyDelete
  22. mohon maaf kalo ada salah ya..:)

    ReplyDelete
  23. Selamat menunaikan ibadah puasa .....

    ReplyDelete
  24. Selamat menjalankan ibadah puasa ya Bang..

    ReplyDelete
  25. Ramadhan mubarak.met menjalankan ibadah puasa bro.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Selamat menjalankan ibadah puasa mas, semoga Allah Ridho atas puasa dan hidup kita.. Maaf, baru berkunjung sekarang.

    ReplyDelete
  28. Selamat menunaikan ibadah puasa ramdhan. Semoga puasa kali ini ibadah kita semakin meningkat. Amin

    ReplyDelete
  29. salam sobat
    marhaban ya ramadhan
    selamat berpuasa.

    ReplyDelete
  30. marhaban ya romadhon mohon maaf lahir batin bos

    ReplyDelete
  31. dah ramadhan lagi yah
    dah tambah dekat dengan kematian

    ReplyDelete
  32. Biasanya memang jelang ramadhan, byak kegiatan dilakukan.

    ReplyDelete
  33. marhaban ya ramadhan.. semoga ramadhan kali ini memiliki banyak barokah dan manfaat amiinn.. oia linknya sudah saya pasang tuh. kalao gak keberatan diganti linknya ya.
    teks: cara memperbesar peni
    link ke : http://www.ingateros.com/2010/04/cara-memperbesar-memperpanjang-alat-vital-pria-secara-alami.html

    ReplyDelete
  34. Selamat malam... mampir lagi.. :)

    ReplyDelete
  35. semoga mendapatkan kebaikan dibulan yang baik AMinnn

    ReplyDelete
  36. selamat menunaikan ibadah puasa.....semoga nggak banyak yang bolong bolong nya heheheh.....udah makan siang???? ups .....maaaaaffff hehehehe

    ReplyDelete
  37. Met Puasa...
    Oiya Linknya udah Saya pajang neh.. tukeran yuks..

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....