Negeri Surga

08:25 HB Seven 17 Comments

Kepulauan merupakan bentuk geografis negeri surga ini. Kenapa kepulauan yaaa..karena negeri ini terdiri dari berbagai pulau yang membentang panjang dari barat sampai ke timur. Masyarakat negeri ini terkenal dengan keramahtamahannya, kesetiakawanannya, rasa persaudaraannya tinggi. Potensi alamnya pun sangatlah tinggi, baik potensi alam yang didarat, maupun yang dilaut. Dengan kata lain negeri ini sangatlah kaya sumber daya alamnya antara lain minyak bumi, emas, tembaga, timah, pasir besi dan yang lainnya. Selain itu juga negeri ini juga kaya akan kebudayaannya. Sehingga pantaslah negeri ini menjadi negeri surga

Ada sebuah syair lagu dari salah satu band legendaris negeri syurga yang menyatakan kekaguman akan eloknya negeri ini yang bunyinya kurang lebih seperti ini “orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat, kayu dan batu jadi tanaman”. Betapa makmurnya negeri ini, betapa mudahnya hidup dinegeri ini dan betapa enaknya tinggal di negeri ini. Dengan kata lain apapun yang terdapat dinegeri ini bisa menghidupi setiap manusia yang ada dan tinggal di negeri syurga ini.

Namun kemudian benarkah itu semua. Ketika mendengar di negeri ini masih banyak masyarakatnya yang makan nasi aking, tidak bisa bersekolah, bahkan banyak terjadinya pengangguran. Serta banyaknya kaum marjinal yang presentasenya lebih besar daripada kaum yang menganggap dirinya eksekutif dan eksklusif. Banyak hal yang menyebabkan masyarakat negeri syurga ini tidak bisa menikmati segala yang ada dinegeri ini.
Dalam kenyataannya negeri surga ini hanya dinikmati oleh segelintir orang saja entah dan pihak-pihak asing.Para pengemplang pajak, para koruptor, dan para-para lainnya entah siapa itu..yang senantiasa mengeruk potensi yang ada dinegeri ini demi kepentingan pribadi dan golongannya. 

Potensi sumber daya alam berupa minyak bumi yang seharusnya diolah dan dikelola untuk kepentingan masyarakat malah dibagi dengan pihak asing. Kenapa tidak dikelola sendiri sehingga keuntungan yang diraih tidak dishare dengan pihak lain tapi keuntungannya bisa sepenuhnya milik negeri ini untuk kemakmuran masyarakatnya. Apakah negeri ini kekurangan tenaga ahli yang mampu mengelola minyak mentah menjadi minyak jadi? Kenapa harus dikelola oleh pihak asing. Demikian pula halnya dengan kekayaan emas yang ada dinegeri ini harus juga dishare dengan pihak asing. 

Kemana keadilan yang ada dinegeri surga ini. Keadilan yang memihak masyarakat pada umumnya. Apakah keadilan itu telah jenuh dengan keberadaannya dinegeri ini sehingga memilih hengkang dari negeri ini meninggalkan masyarakatnya yang tengah terengah-engah menggapainya. Keadilan yang betah dinegeri ini hanyalah keadilan bagi orang-orang yang berduit banyak. Keadilan bisa dibeli. Negeri syurga.. dirimu adalah memang surga namun dalam kenyataannya kesurgaan itu hanyalah milik segelintir orang.


Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

17 comments:

  1. Negeri surga sudah dikuasai para begajul, jadinya ya negeri begajul :D

    ReplyDelete
  2. wkk..wkkk....begitu ya mas anto...wah..dadi digajul rono..rene...nggo bal-balan....

    ReplyDelete
  3. Negeri Surga akan tetap mejadi negeri Surga jika pemimpinnya adalah para blogger, *ups hehe...

    ReplyDelete
  4. tapi sayang, negeri yang kaya raya ni lha kok masih ada ya yang miskin...negeri kaya tapi bak neraka....

    ReplyDelete
  5. seperti di Pulau Kalimantan, kaya akan sumber mineral tetapi listrik masih saja byar pet

    ReplyDelete
  6. salam sobat
    negeri surga selalu bikin rindu dan betah ditinggali.
    semoga negeri surga tetap seperti dulu.

    ReplyDelete
  7. @aziz hadi..bisa jadi ya om..hayo..sapa ya mo jadi pemimpin..
    @manajemen emosi..kalo ada yang miskin...wajar mo..cuma bagaimana kategori miskinnya itu dan...presentase kemiskinan dibanding yang kaya..
    @kakang prabu...tenannya om...
    @nura...amieen...mbak..semoga tentrem karta raharja

    ReplyDelete
  8. pengelolaannya yg salah makanya sering jadi begitu. banyak rakyat yg masih hidup susah.

    ReplyDelete
  9. kemarin saya mendengar pernyataan, bahwa kekayaan alam yang melimpah yang kita miliki bisa saja bukan anugrah tapi kutukan. ya...rasanya demikian adanya.

    ReplyDelete
  10. apa masih bisa disebut negeri surga ya?

    ReplyDelete
  11. Aku memang paling trenyuh mendengar dan melihat nasib anak2 bangsa yg tak mampu sekolah. harusnya pemerintah memberikan perhatian ekstra kepada anak2 yg tak mampu sekolah itu juga tentang kelangsungan pendidikan di daerah2 terpencil atau di daerah2 perbatasan.

    ReplyDelete
  12. Andai syair lagu di atas adalah kenyataan ya...? kalau spt itu sih namanya benar2 serasa berada di surga... hehehe

    ReplyDelete
  13. yang punya surga hanya gayus...tanya dia aja bijimana bisa rasakan syurga kepulauan ini..hihihi...

    ReplyDelete
  14. jalan2 pagi ke negeri surga :D
    met pagi pajar

    ReplyDelete
  15. @sang cerpenis...yups..manajerial negara yang masih perlu perbaikan selain itu juga mental para manajernya juga harus diperbaiki..
    @muhammad a vip...bisa jadi..
    @dj tri...betul om..
    @aby..bisa iya bisa tidak...pagi juga om...
    @catatan kecilku...nah itu yang sering dilupakan..
    @the others..amieen...
    @rumah ide...telpon yang anda tuju sedang diluar jangkauan..

    ReplyDelete
  16. loh aku ikutan coment juga, sory telat. Surga (pesona alam) ad di setiap kab/ kota di indonesia

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....