Bocah

12:15 HB Seven 19 Comments

Bocah
by SLANK

Bocah-bocah kecil tiupkan nada
Seruling bambu
Dendangkan lagu di keheningan
Alam desa

Bocah-bocah kecil mandi di kali
Dengan penuh canda
Mainkan air di kesejukan alam desa

O ya mereka bahagia
O ya penuh kedamaian

Bocah-bocah kecil gembalakan ternak
Susuri sawah
Pandangkan mata
Di keindahan alam desa

O ya mereka bahagia
O ya penuh kedamaian

Andaikan mereka tiupkan terompet
Dalam kebisingan suasana kota

Haruskah mereka mandi di dalam kolam
Dalam kesumpekan suasana kota

Haruskah mereka gembalakan ternak
Menyusuri jalan-jalan raya kota

O ya mereka bahagia
O ya penuh kedamaian

Masa itu telah lewat... saat ini semua serba instan, tempat bermain yang bernuansakan alam telah hilang. Kalaupun ada arena bermain bernuansakan alam haruslah mempunyai uang agar bisa bermain ditempat tersebut. Sekarang yang ada hanyalah sebuah monitor yang menjadi teman bermain mereka. Janganlah berharap para bocah saat ini peduli dengan sekitarnya. Adalah mereka mengatakan, “ah itu khan jaman dulu”! Sungguh sebuah ironi yang begitu ironi.



Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

19 comments:

  1. asalkan bocah-bocah kecil itu masih mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya dan gak telantar di jalanan
    met aktifitas kangmas :)

    ReplyDelete
  2. manteeeeepp, sek golek link e akh...hahaha

    ReplyDelete
  3. Bentar lagi bisa renang dan spa di gedung dpr kok :D

    ReplyDelete
  4. Lagunya asyik juga neh :)

    Salam kenal ya....

    ReplyDelete
  5. nyanyikan dong lagunya....suaramu direkam dan pajang di blog. hehee

    ReplyDelete
  6. @alkatro...iya..mas...met aktifitas..juga
    @jojob4..link lagune pan udah ada tuch..yang merah..
    @rahmat raden... yups...
    @Suke... ikut pijit dunk..
    @ivonie...yoi..von..salam kenal juga
    @sang cerpenis..jiah...ntar semua ndak tersepona..malah repot..mbak..h.eh.he..

    ReplyDelete
  7. ya...jaman guling-gulingan di halaman rumah dan pekarangan telah berlalu, kini gulingnya di tempat tidur saja, sendirian lagi.

    ReplyDelete
  8. saya juga suka lagu ini mas. He
    oya ada juga lagunya i.fals yg senada dgan bocahnya slank, yg saya ingat yang syairnya gini.
    'mana mainanku yang dulu
    aKU Ingin melihat bentuknya
    aku ingin mengenal nama2nya..'

    ReplyDelete
  9. gambaran tentang seorang anak yang sedang menggembalakan kerbau sambil meniup seruling di kerbau seperti itu sepertinya sekarang sudah tidak ada lagi ya...

    ReplyDelete
  10. kalo bocahnya udah gede namanya_________?

    ReplyDelete
  11. @muhammad a vip...jaman..dulu..pokoknya yacgh..
    @anak smp..itu kayaknya dalam album hijau..om
    @joe..susah nyari..sekarang..
    @tukang colong.. bocah tua nakal om..wkkk..wkkk..

    ReplyDelete
  12. hohohoho keren lagunya....tapi masih ada anak anak yang bermain disawah....yang jadi masalahnya kenapa mereka enggan lagi bermain disawah...karena orangtua mereka takut akan terjadi hal yang tidak diinginkan pada anak mereka. jadi orang tua lebih memilih menyediakan game dirumah ketimbang anak mereka jadi liar seperti tarzan atau orang utan hehehe

    ReplyDelete
  13. memahami liriknya,, ternyata membuat saya sadar betapa jauh sekali perbedaan bocah dahulu dengan sekarang..

    ReplyDelete
  14. zaman sekarang semua permainan buat bocah2 mesti bayar,ga kaya zaman dulu gratis menyenangkan,dan tentunya sehat karena bikin badan bergerak.

    kalo yang kaya seh fine aja kasian yg kismin

    ReplyDelete
  15. Bener banget... anak2 sekarang punya 'dunia mereka sendiri'.. di depan layar komputer, di PS, dg handphone masing2... sibuk sendiri2.

    #mumpung diklatnya libur, maka nyempetin mampir kesini

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....