Aktifitas Blogging

13:46 HB Seven 13 Comments

Dua tahun sudah saya mencoba menjadi seorang blogger yang mencoba sekedar menuangkan ide, uneg-uneg yang hanya sekedar lewat, sehingga berakibat hanya melahirkan tulisan-tulisan seadanya tanpa bumbu-bumbu pemanis. Sebelum blog ini terbentuk, sebenarnya saya sudah pernah mencoba membuat blog baik di blogspot, multiply, ataupun wordpress. Awal mulanya saya mencoba membikin blog di blogspot dan multiply. Blog pertama kali adalah blogspot  sebelum akhirnya ngeblog lagi sampai sekarang. namun karena belum tahu fungsi dan kegunaan blog maka hanya sekedar lewat saja dan tidak ada postingan sama sekali. Terus yang kedua mencoba multiply, kondisinya sama saja juga tidak ada postingan. Cuma otak-atik profil saja pasang poto thok thil, sehingga sempat isin juga karena ada rekan dari multiply nyamperin sambil menanyakan kok ndak ada postingannya mas..? He.he.he..

Aktifitas di kedua blog itu terhenti dengan sendirinya sampai akhirnya mulai ngeblog lagi dengan platform wordpress. Kenapa ngeblog lagi karena pas sedang mencari artikel untuk bahan diskusi, menemukan salahsatu blog yang tulisannya sangat ciamik dan asyik banget. Dari situlah mulai tertarik ngeblog lagi. Berhubung masih gaptek, apa dan bagaimana blog itu bertanyalah saya pada mbah google mengenai tutorial membuat blog sekaligus langsung praktek dengan platform wordpress. Otak-atik dibagian kolom untuk menulis dengan hanya sekedar mengetik huruf, dan klik untuk posting dan byar ternyata terposting maka mulailah belajar membuat tulisan, karena sebelumnya jarang menuangkan ide atau uneg-uneg dalam bentuk tulisan. Kalaupun menulis itupun karena terpaksa harus mengerjakan tugas-tugas kuliah dan skripsi. 

Setelah satu tulisan selesai, kemudian mencoba posting lagi dan berhasil juga tampil di internet, maka sejak saat itu mulai blogging. Berplatform di worpress tidak lama hanya posting satu atau dua tulisan kemudian pindah lagi ke blogspot yang lebih cepat loadingnya untuk masuk ke akun. Akhirnya lahirlah blog fajarmufti.blogspot.com, dimana bulan Januari 2011 tepat berusia dua tahun.

Berhubung sudah menjadi blogger pastinya kan senang tuch jalan-jalan ke rekan blogger, pas kemarin JJS alias jalan-jalan sore dan mampir di blognya Pak Ies yaitu Djangan Pakies, saya terpaku pada satu judul “Suit Sepentin Giveaway” agak susah membacanya he.he.he.., yang isinya ternyata Pak Ies..sedang merayakan ulang tahun pernikahannya yang ke-17. Dan diakhir postingan beliau meminta pendapat rekan-rekan blogger untuk menuliskan opini atau pengalaman pribadi terkait dengan penempatan kewajiban dan tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga (bagi yang sudah menikah) ataupun sebagai apapun itu punya profesi baik sebagai karyawan, guru, buruh dengan hasrat menjalin tali silaturahmi dengan rekan-rekan blogger. Karena mungkin Pak Ies mempunyai pandangan masih banyak rekan-rekan yang kadang lupa dengan kewajiban utamanya tapi malah lebih asyik menatap monitor untuk jalan-jalan di dumay (dunia maya), sehingga Pak Ies mempunyai ide untuk meminta pendapat rekan-rekan blogger mengenai hal tersebut diatas.

Terkait dengan permintaan Pak Ies diatas kalau berdasarkan pengalaman pribadi, saya membagi tiga bagian. Pertama aktifitas blogging ketika sebagai kepala rumah tangga, kedua aktifitas blogging ketika sebagai pekerja, dan ketiga aktifitas blogging pada saat libur. Sebagai kepala rumah tangga biasanya saya kalau berjalan-jalan di dumay alias dunia maya biasanya setelah istri dan cahaya mata sudah terlelap dalam tidurnya. Jadi sebelum mereka tidur, saya bercengkerama bareng di ruang keluarga baik menemani cahaya mata alias Fajar Mufti Setiawan belajar, ataupun makan malam bersama serta nonton tivi bareng. Baru setelah mereka tidur, saya mulai aktifitas blogging. Itupun waktunya tidak lama kurang lebih satu atau dua jam. Durasi waktu tersebut saya pergunakan untuk posting, berkunjung di blog rekan-rekan, buka facebook, ataupun membaca berita di media online lainnya. Setelah itu ya segera menyusul mereka berdua ke alam mimpi alias BBM (Bobok-bobok Manis)

Berhubung saya juga bekerja, biasanya aktifitas blogging saya lakukan ketika memang pekerjaan di kantor sedang tidak ada pekerjaan. Karena tempat dimana kerja intensitas kerjanya berdasarkan proyek, jadi ketika tidak ada proyek pekerjaan sepi di kantor, sehingga daripada bengong saya melakukan aktifitas di dunia maya. Kecuali memang kalau pas proyek datang, pekerjaan sangat padat sehingga waktu untuk blogging tidak ada sama sekali, dan pastinya blog saya jarang update ataupun jarang blogwalking.. (alasan lebay..wkkk.wkk.)

Khusus untuk hari libur aktifitas blogging saya lakukan setelah selesai melakukan pekerjaan rumah baik itu beres-beres rumah ataupun pekerjaan rumah lainnya, serta apabila tidak ada agenda nyumbang (kondangan) atau jalan-jalan bareng keluarga. Apabila sudah beres... semuanya.. buka dan nyalain laptop, colokin modem ke laptop.. muncul tanda connect.. klik.. lalu terkoneksi.. langsung jalan-jalan ke dumay alias dunia maya.

Kurang lebih seperti itu saya dalam menempatkan kewajiban saya sebagai kepala rumah tangga ataupun sebagai pekerja dikaitkan dengan aktifitas blogging.

Photobucket

 Untuk Pak Ies Selamat atas ulang tahun pernikahannya yang ke-17 semoga Allah Swt senantiasa tersenyum kepada Pak Ies sekeluarga, dan semoga pernikahannya langgeng, serta bisa menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah, serta putra-putri yang telah diamanahkan oleh Allah Swt kepada keluarga Pak Ies menjadi putra-putri yang sholeh dan sholihah yang senantiasa taat beribadah kepada Allah Swt, senantiasa berbakti kepada kedua orang tua dan dapat berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Amieen. Jumbuh  ingkang tansah ginayuh, sembada ingkang tansah sinedya.



Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

13 comments:

  1. setuju. utamakan keluarga dulu ya...tapi kalo isterinya begadang gimana dong? gak blogging ya? hehee..

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, terimakasih atas partisipasinya Kang, semoga bermanfaat bagi kita semua. Saya tidak berkomentar agar tidak subyektif

    Artikel sampean sudah saya copy dan pastekan di blog baru saya yang khusus untuk giveaway agar mudah mengumpukan artikelnya. Saatnya nanti saya publish

    >URL blog Fajar Mufti Setiawan saya tempel di sidebar Djangan Pakies.

    ReplyDelete
  3. aku ngeblog di blogger tapi crosspost di multiply
    kapok tulisan ilang semua diisengin orang
    makanya bikin cadangan
    kelemahan blogger tuh gampang diutak atik
    akibatnya banyak yg ga nyadar kalo tampilan blognya menyiksa orang lain
    maklum, aku termasuk warga fakir bandwith...

    ReplyDelete
  4. Kalau aku ngeblog itu nyantai saja ngga tiap hari buka blog kalau pengin ya buka blog kalau ngga ya bisa 1 minggu 2 minggu atau lebih baru buka blog lagi, ya pokok betul kluarga dulu

    ReplyDelete
  5. Hahaha, jadi keinget waktu awal-awal bikin blog, dengan modal coba-coba trus nulis alakadarnya, jadi deh ketagihan nulis di blogspot. Padahal awalnya dulu cuma ikutan tren pas jaman2nya Raditya Dika gitu deh. Hahaha.

    ReplyDelete
  6. Udah lama ngeblognya.. Saya dulu juga pernah nyoba bikin blog sana sini. Tapi semua banyak yang kandas karenamasih kurang paham. Akhirnya, saya kembali bikin blog dan kembali belajar.

    Sependapat, ngeblog paling enak kalo PR sudah selesai, jadi bisa lebih plong..

    Semoga sukses di acaranya Pak Ies..

    ReplyDelete
  7. ngeblog tu yg bikin pusing saat cari ide tulisan yg menarik

    ReplyDelete
  8. seneng ngeblog mas..
    seneng banget
    apalagi hiburan dikala sedih dan suka..

    ReplyDelete
  9. amiiin
    wah makasih sharenya kangmas, kulo ngeblog sak karepe dewe.. xixixi ga jelas kapan mulai beneran :D

    ReplyDelete
  10. pakde juga blogging kira-kira 2.5 jam, antara pukul 7 - 9.30 malam

    oh ya. pakde pindah kost ke http://pakdesulas.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. saya kok nggak ikut beginian ya?

    ReplyDelete
  12. selamat sore.. mampir sebentar di sini :)

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....