Kere Munggah Bale

15:28 HB Seven 3 Comments

Kere munggah bale.. istilah lainnya kalau anak sekarang bilang OKB alias orang kaya baru. Kalau dahulu kere munggah bale hanya berlaku untuk segelintir orang saja, namun untuk saat ini kayaknya berlaku untuk semua orang.. Dulunya kere, nestapa, berharap akan banyak duit, berteriak mohon keadilan, begitu munggah bale menjadi lupa dengan kenestapaannya, lupa dengan kekereannya, lupa dengan keadilan yang senantiasa mereka teriakkan.

Kere munggah bale bergembira ria diatas penderitaan orang lain, dengan bangga mereka memamerkan kekayaannya, dengan dada terbusung menonjolkan egonya, bahkan tajamnya pedang hukum tidak mampu menggoresnya. Dengan segala daya upaya dikerahkan untuk mempertahankan statusnya yang baru “kere munggah bale”

Jerit tangis terdengar penderitaan sesamanya menjadi tidak terdengar, kuping mereka telah tertutup oleh kekayaannya. Kebutaan mata hati telah menyelimuti mereka ketika ketidakadilan yang secara jelas terlihat didepan mata, mereka hanya diam terpaku sambil berpayungkan aturan sebenarnya dibuat hanya untuk kepentingan mereka.

Kere munggah bale.. banyak hal yang tak terduga sejak mereka menjadi kere munggah bale. Hal yang sebelumnya mereka susah dapatkan menjadi begitu mudah didapat. Hal yang dulunya sulit untuk mereka raih menjadi begitu gampang diraihnya. Kere munggah bale kemudian akan seperti kacang ninggal lanjaran. Mereka menjadi lupa akan daratan. Kere munggah bale.


Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

3 comments:

  1. oh itu toh artiya..oke deh.paham paham...

    ReplyDelete
  2. kere munggshe bsle, sama seperti mba fanny saya jg baru mengerti dan tahu artinya.

    ini bahasa jawa ya :)

    ReplyDelete
  3. trus mereka itu lupa dari mana asalnya
    sudah hal yang biasa terjadi di zaman sekarang ini

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....