Homesick

22:33 HB Seven 26 Comments

Homesick. Kawan-kawan pasti pernah mengalami dengan yang namanya homesick alias kangen dengan kampung halaman saat berada di kota lain baik itu yang satu pulau atau kota di pulau lain di negeri ini. Biasanya ini terjadi ketika bulan-bulan pertama bertempat tinggal di kota yang baru sama sekali kita datangi. Terutama bagi kawan-kawan blogger yang jarang bepergian ke luar kota, sungguh rasa kangen akan kampung halaman pastinya sangat mendera dihati. Namun bagi kawan-kawan blogger yang senang berpetualang kalaupun ada rasa kangen kampung halaman presentasenya sangat minimalis. Kawan-kawan blogger bisa menikmati indahnya kota yang disinggahi ataupun ditinggali, dibandingkan dengan kawan-kawan blogger yang tidak terbiasa berpetualang. 

Homesick. Perasaan ini timbul selain disebabkan karena jarang bepergian juga mungkin disebabkan oleh tidak adanya saudara atau kawan yang dikenal saat singgah atau bertempat tinggal dikota yang baru saja disinggahi. Selain itu juga mungkin karena masih buta akan kondisi daerah tersebut. Serta karena sangat kontrasnya budaya di daerah yang baru dengan daerah asal, sehingga perlu adaptasi yang agak lama dimana hal tersebut mengakibatkan kangen akan kampung halaman. Bagi orang yang mudah bersosialisasi maka hal itu akan mudah dilakoni, sedang yang susah bersosialisasi pastinya sangat berat. 

Homesick bagi saya merupakan hal yang sangat berat. Padahal saya ini termasuk orang yang suka bepergian, boleh dikatakan semasa kuliah jarang dirumah,karena saking seringnya bepergian. Namun sekarang ini kalau diminta keluar kota rasanya.. berat banget meninggalkan kota Yogya ini. Pernah saya pergi ke Pekanbaru bersama istri dan Sang Fajar kurang lebih selama satu minggu mengunjungi saudara. Rasanya waktu berjalan sangat lambat sekali, padahal di Pekan Baru kami tidak hanya diam dirumah, melainkan jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat wisata di Pekan Baru, namun hal itu tidak mengurangi rasa kangen akan kampung halaman. Bahkan untuk makan saja susah, padahal kalau dipikir perut juga mengalami lapar, meskipun makannya banyak namun rasanya tidak nikmat. Pokoknya parah banget penyakit homesick

Pernah juga ketika diminta saudara ke Bogor, untuk mengantarkan barang yang harus terkirim pada waktu itu juga. Mau tidak mau harus berangkat ke Bogor. Akhirnya saya segera pesan tiket pesawat Jakarta-Yogya pp. Tiket yang saya pesan untuk keberangkatan dari Yogya pukul 19.00 dan tiket kepulangan pukul 06.00 alias penerbangan pertama paginya. Begitu sampai Bogor langsung saya bilang kepada saudara saya bahwa saya balik Yogya memakai pesawat penerbangan pertama. Saudara saya kaget kok penerbangan pertama, kenapa tidak ambil yang sore saja. Saya hanya nyengir saja tanpa memberikan jawaban.

Kadang saya iri melihat kawan-kawan saat bepergian ke luar daerah mereka bisa menikmatinya.  Pengin sich seperti kawan-kawan bisa menikmati acara bepergian mereka. Kalau ada resep atau tips dan trik bantuin ya...




Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

26 comments:

  1. Salam Persahabatan
    mampir malam sobata
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam..om.. thanks..telah berkenan pinarak..

      Delete
  2. aku kangen tapi gak kangen. .. ..

    ReplyDelete
  3. Lah kok gitu mas, hihi.... bepergian keluar kota kan cuman sebentar. hanya untuk menikmati budaya atau segala apa yg dimiliki oleh orang lain. Hingga akhirnya kita rindu pulang ke tanah sendiri. dan menceritakan pengalaman pada orang-orang yang menunggu kita.

    Tapi kalau casenya kayak mas fajar gini susah juga, hihi... homesick akut nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih..mbak..ya itu tadi.. mungkin..karena..casenya udah sperti ini..he.he.he...

      Delete
  4. mungkin harus dibiasakan pergi jauh2 dan lama.jadi gak homesick

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin gitu ya mbak.. ntar..dech..kalau..ada waktu dan kesempatan..terutama..pas..kt..alias kantong tebal.he.he.he.

      Delete
  5. Kalau minggu2 awal biasanya suka homesick sob, tapi setelah itu biasanya sudah bisa beradaptasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..kalau..udah karakter..agak susah juga om

      Delete
  6. Tips dan Trik Agar Tidak Homesick Betah Bepergian:
    ...
    ...
    #ntar mau nanya dulu ke simbah mas. hehe

    ReplyDelete
  7. Pada awalnya saya juga merasakan hal demikian, namun setelah terbiasa, maka hal itu sudah tidak saya rasakan. Namun, hal ini juga tidak boleh terlalu lama. Salah satu obatnya ya telepon.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak ya mas..kalau rasa homesick..tidak begitu menggelora...

      Delete
  8. Kata Simbah 'Tips mengatasi Homesick' yang bisa disimpulkan itu mencari kesibukan atau tenggelam dalam hobby. Bagi blogger mungkin ya buat postingan 100 posting sehari mas.. Kekekeke

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener juga, paling efek sampingnya bisa kriting drijine mas wkwkwkk

      homesick, inyong malah paling betah kalo di rumah, nongkrong diatas pohon; bepergian malah gak mesti setahun sekali #ndeso tenanan

      Delete
    2. hadew..kalo itu pelarian mas...

      Delete
    3. direbonding wae..mas..yen kriting..drijine... ... ojo penekan mengko tibo lho..

      Delete
  9. aku juga ga bisa jauh dari rumah mas....
    apalagi klo sebulan lebih... pasti langsung kangen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya sekedar kangen..mungkin masuk kategori ringan..he.he.he..

      Delete
  10. hehehehhee saia sering demikian...
    tapi habis ini belajar deh buat jangan terlalu mikirin rumah ibu....
    kasian suami klo aku dikit2 minta ke rumah ibu...
    hehhehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..mbak..kasihan suaminnya ditinggal terus..he.he.he.

      Delete
  11. org yg sllu homesick ketika sdg bepergian, biasanya sayang bgd dg keluarga...smg mas fajar spt itu ya heheheh

    ReplyDelete
  12. Waduh kalo soal kangen ama kampung halaman kayak nya lebih ringan kalo di bandingin kangen ama pacar ya Om he..he..he..

    Homesick ya itu lah perasa'an yang selama ini aku pendam di negara Malaysia Om

    ReplyDelete
  13. Saya sih orangnya juga gak betahan mas kalo pergi kemana2, apalagi kalo ke tempat yang jauh dan mesti berhari2 tinggalnya.
    Suka pengen pulang, kangen sama rumah dan keluarga :D

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....