Warisan Budaya Nusantara

02:24 HB Seven 34 Comments

Pose dulu di depan dampar kencono
Warisan Budaya Nusantara Jogja Expo Centre 16-20 Mei 2012 merupakan ajang pameran yang menampilkan berbagai budaya nusantara. Namun tidak hanya itu saja, dalam pameran ini juga dipamerkan berbagai macam kuliner baik kuliner tradisional ataupun kuliner modern. Tepat pukul 10.00 saya, istri, dan sang Fajar  berangkat menuju pameran tersebut. Perjalanan kami tempuh selama 15 menit, sampailah di JEC. Sesampainya di JEC masih terlihat sepi, namun hal tersebut tidak mengurangi nuansa pameran Warisan Budaya Nusantara


Pertama yang kami tuju adalah tempat pameran kuliner, karena perut Sang Fajar telah melakukan protes untuk segera diisi. Berbagai macam kuliner tampak menggoda mata dan rasa, ada soto gentong, pempek palembang, camilan tradisional, kopi luwak asli, makanan khas jawa timur, dan masih banyak lagi. Akhirnya setelah mendapatkan tempat duduk.. kami pesan makanan... ehm... yummy...

Poto bersama abdi dalem
Kebetulan teman saya yang berasal dari Gresik juga ikut pameran dalam acara tersebut, membawa misi menawarkan aroma rasa kopi luwak lanang asli. Kami sempat ngobrol ngalor ngidul sebentar, karena para pelanggan kopi luwak sudah mulai berdatangan, so teman saya harus segera menjemput rejekinya.. he.he.. setelah menikmati makan dan berbincang dengan teman saya, akhirnya kami melanjutkan perjalanan melihat stand-stand pameran yang lain, dan setelah puas menikmati berbagai makanan yang disajikan di pameran, kami berpindah di ruang sebelah untuk melihat pameran Warisan Budaya Nusantara yang lainnya.

Di ruang ini, kami melihat berbagai stand yang memamerkan hasil karya budaya masing-masing tempat di nusantara ini. Ada yang menampilkan hasil budaya dari Aceh, batik Malang, batik Sleman dan lain sebagainya. Selain itu juga, ada stand khusus dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yang memamerkan benda-benda milik kraton antara lain dampar kencana, sebagian pusaka kraton, koleksi poto-poto kraton tempo dulu.

Pas kami mau pulang, eh ternyata di ruang sebelah ada lagi pameran ternyata pameran bahan bangunan. Sekalian saja kami masuk ke ruang pameran tersebut, ndilalah kami juga sedang membutuhkan bahan bangunan untuk keperluan rumah kami. Namun, sayang kali ini kami kurang beruntung karena bahan-bahan yang kami cari pas ndak ada... Tapi hal tersebut tidak mengurangi antusiasme kami dalam menikmat pameran Warisan Budaya Nusantara, Jogja Expo Centre, 16 s/d 20 Mei 2012.


Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

34 comments:

  1. terakhir hari ini dan saya belum sempat tengok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om... weh..kok bisa om.. apa lagi touring..nih..

      Delete
  2. jadi kepengen ikutan ngopi neh mas. Ehemmmm kayake wanginya mpe sini mas. Hehe

    ReplyDelete
  3. Yg dari stan jawa timur kulinernya rujak cingur ya sob hehe,...
    Tutupnya hari ini ya sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah banyak om.. dari Jatim standnya.. namun kayaknya rujak cingur ndak ada kemarin...

      iya om..tutup hari ini..

      Delete
  4. asyik bener liburannya ke jec,
    stand wayang kulit ada mboten kangmas?
    awal mei dipesenin sodara tua malah cuma tak kirimin versi print poto :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak ada rokomas... kebanyakan batik.. dari berbagai daerah..

      Delete
  5. jogja pancen ga ada matinye...
    poto terakhir juga membuktikan
    bapakne fajar gada matinye nurunin watek elek
    jigang sila tingkrang.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiakkkakk.... jaan... ampuh tenan ki.... apik..apik...wkk.wk...

      Delete
  6. wah asik amat tuh Fajar kongkow disitu, ikut dong, hahay :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh om..he.he.. nongkrong.yuk...

      Delete
  7. yang beginian ini yang harus tetap diperkenalkan ke generasi jaman sekarang dan berikutnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi..om.. jangan sampai..kebudayaan kita malah menjadi identitas..orang ..asing..

      Delete
  8. kuliner selalu diburu yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul..om..apalagi kedapatan yang murah dan enak.. pasti..deh...

      Delete
  9. wah asiik sepetinya, boleh dong sample kopi luaknya di kirim. hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh..boleh.. wani piroo....wkk.wkk...

      Delete
  10. wah si fajar action. keren euy. hehee

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. nah ntu udah muncul mbak... sempat memang..komen sang cerpenis..nyelonong ke spam..mbak...

      Delete
  12. wah kayana rame tuh

    ikutan nyimak aja ya:}

    ReplyDelete
  13. Fajarnya cakep Om... sayang masih brondong, hihi :p
    *kabur sebelum ditimpuk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan brondong lagi..mbak..masih ijo..je..he.he....

      Delete
  14. wah dekat sekali rumahnya dengan yogya expo center ya
    Memang dengan adanya pamera seperti ini kita harap budaya asli Indonesia tidak akan ditinggalakn meski zaman sudah canggih

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul..cak.. jangan sampai..budaya kita hilang di negeri sendiri..

      Delete
  15. maaf, tadi kulo ngekek baca komeng kang rawins :))
    potonya mas habe bukan yg duduk pake blangkon tow?
    #ngacir

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaah..ini nih..mulai nguece maning...wkk..wkk.. hadew.. eh..bukannya rokomas.. al yang blangkonan ntu..wkk..wkk..

      Delete
  16. serasa hadir di expo :) semua yg berbau yogya membangkitkan rasa kangen ...

    ReplyDelete
  17. ih seru tuh kayanya ...
    Aku jadi pengen ikutan ...

    ReplyDelete
  18. wah kapan ya aku bisa liburan ke jogya? pengen bgt.. kemarin pernah ke jogya tp cuma lewat doang krn urusan kerjaan.
    semoga cpt terealisasi deh.. amin :)

    ReplyDelete
  19. Kerennn...acara acara yang seperti itu patut kita lestarikan.

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....