Muncul

08:33 HB Seven 6 Comments

Muncul sebuah istilah yang mana bagi kawan kawan merupakan istilah biasa, namun bagi saya istilah tersebut merupakan istilah yang begitu surprise bagi saya. Kenapa itu bisa menjadi surprise bagi saya. Sebelum saya jawab, saya akan ceritakan sedikit sebuah kronologi tentang sejarah akan istilah muncul tersebut.

Pada suatu hari.. halah kayak dongeng aja..he.he.. oke.. oke.. sabar eaa. ini baru mau diurutkan dulu ceritanya..he.he... Bagi kawan kawan baik yang hidup di tengah kota , di tengah desa, atau di tengah hutan (kalau yg ini kayaknya ndak masuk deh kategorinya) he.he.he.. pasti pernah dunk membeli makanan yang dibawa pakai gerobak dorong. Entah itu nasi goreng dok dok, entah itu soto, entah itu bakso, entah mengapa aku tak berdaya... (walah malah nyanyi lagunya iwan fals). 

Nah.. terkait dengan penjual makanan yang memakai gerobak dorong tersebut, di kampung saya sering lewat penjual bakso yang memakai gerobak dorong. Ada beberapa penjual bakso yang ranah penjualannya memasuki kampung saya. Antara lain Pak Darmo orangnya ramah banget dan santun.. terus ada lagi Kang Pendek orangnya jago badminton.. kadang kalau jualan di sambi badminton. Tapi Kang Pendek ini jarang masuk ke tengah, biasanya hanya sekedar lewat di pinggiran kampung. Waktunya berbarengan dengan Pak Darmo kalau jualan. Tapi meskipun berbarengan mereka tidak pernah saling jegal karena sudah mempunyai teritori penjualan masing-masing.

Selepas Pak Darmo pensiun jualan lalu masuk seorang penjual bakso yang bermerk dagang Muncul. Orangnya ramah, cepat akrab dengan orang kampung apalagi anak-anak. Seneng guyon maton kadang kalau bicara ceblang ceblung. Dalam berjualan santai, kadang kalau kita beli malah disuruh untuk meracik sendiri. So.. berhubung meracik sendiri ya akhirnya di hajar habis ntu penthol bakso..wkk.wkk.wkk.. Kita sering memanggil orang ini dengan merk dagangnya saja Cul, Muncul, kang Muncul.. Kalau nama aslinya kagak tahu..he.e....he.he.. Kang Muncul dalam berjualan di kampung saya lumayan lama, sampai akhirnya berhenti entah karena ganti profesi atau pulkam. 

Selepas Kang Muncul ini, kemudian masuk Penjual Bakso lainnya. Kalau kita memanggil bakso kumis, karena memang penjual baksonya berkumis tebal kayak pak Raden salah satu tokoh dalam film Unyil. Baksonya juga enak, asyik juga. Ini tidak bertahan lama karena ternyata beliaunya buka warung bakso di dekat kampung saya dengan merk dagang Baskom alias Bakso Kumis. Dan saat ini sudah buka cabang dimana-mana khususnya di area Jogja.

Setelah lama ndak ada penjual bakso keliling masuk kampung.. eh lebaran kemarin ini tahu tahu Kang Muncul muncul kembali..dengan gerobak baksonya. Kondisi orangnya tetap sama banyol abis.. clebang clebung.. bedanya kalau dulu pakai gerobang dorong sekarang gerobaknya diboncengin motor. Nah.. ini lah surprise..he.he... Kang Muncul muncul kembali.. he.he...he.h..dan tetap swalayan dalam beli baksonya..mantaps ..pokokmen..  Dah tahu kan surprise.. kalau udah tahu..cukup sekian dulu eaa. ntar deh di sambung lagi di waktu dan gelombang yang sama.. Oh, ya sayang lom ada poto sosok Kang Muncul..karena lom sempat moto..he.he.he....


Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

6 comments:

  1. blogger juga begitu ya ada yang baru muncul kembali setelah lama hiatus

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuh..merasa tersindir berat nih..wkk.wkk..

      Delete
  2. wkwkwk. kang muncul muncul lagi. Jadi judule sido muncul om :D

    ReplyDelete
  3. Hadeehhh... Gedubrak om, tak kira sing muncul ki opo, nggak tau'ne tukang bakso, waduh iso bangkrut kui kang muncul nek bakso suruh diracik sendiri, nek aku sing ngeracik tak jikok sing akeh haha... emang sekarang ditempatku juga bakso pd pake montor jualane haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkk.wkk.wkk.. iyo om..tukang bakso..je.. ancen kok kadang dikon nggawe dhewe..he.h..

      Delete

Matur nuwun komentaripun....