Asli Modal Nekat Dab

09:48 HB Seven 16 Comments

Modal nekat pokokmen.. hihihih.. Entahlah apa yang akhirnya membawa ke suasana harus nekat untuk dikerjakan. Mungkin karena unsur kepepet atau memang merasa bisa mengerjakan hal tersebut. Itulah yang daku alami ketika mesin cuci mengalami dua kali kerusakan. Pertama, rusak di bidang pengairannya alias air dari keran tidak mau mengalir masuk ke tabung cuci, kedua, rusak di bidang pembangkitnya yang mati alias ndak mau nyala..tuch mesin cuci. Nah.. kedua kerusakan ini asli bikin jengkel.. betul.. bukan karena rusaknya.. tapi karena penyebab kerusakan itu.. yaitu mickey mouse alias tikus... Yups.. kabel dibabat abis deh ama si tikus..Jengkel bin mangkel bin dongkol.. bercampur jadi satu.. hadew.. Namun ya karena sudah terjadi ya sutralah dengan penuh berat hati mengadakan perbaikan-perbaikan.. 

Kerusakan pertama yaitu air ndak mau keluar.. analisis pertama daku adalah mungkin karena ada lumut di dalam salurannya. Karena sebelumnya pernah juga mengalami hal tersebut.. so langsung saja kesimpulan diambil mungkin karena ada lumut nakal di lubang irigasinya.. maka dengan penuh rasa percaya diri.. buka koneksi selang yang menghubungkan keran air dengan lubang air di mesin cuci. Begitu terbuka.. langsung deh.. aksi cium mencium.. dan meniup lubang air di mesin cuci dilakukan... Setelah bal bul bal bul sekian lama dan dirasa sudah bersih, daku pasang kembali tuch.. selang ke lubang tadi.. Dah terpasang.. keran di buka mesin cuci dinyalain.. kricik..kricik..kricik.. kok ndak terdengar... waduh.. mana nih.. yang rusak.. padahal lubang udah bersih dari lumut.. 

Ehmm.. ambil inisiatif.. baru.. ambil obeng, bongkar tuch tutup yang melindungi perkabelan... begitu di buka.. jreng..jreng.... kabelnya dah pada putus.. di hajar si tikus..  dooh... mana pas mepet soket lagi.. so susah nyambungnya.. dan kalau mau beli soket baru..juga susah.. nyarinya.. Kalau nggak mepet pres abis.. bisa tuch kabel disambung... Tapi ini mepet abis.. jue.. Panggil tukang reparasi apa eaa.. tp ini hanya sepele.. ntar chasnya mahal.. nggak imbang dunk..ama kerusakan..  karena terpepet.. akhirnya.. cling.. ide nekat keluar...yaitu coba perbaiki sendiri. Soket daku ambil.. coba keluarin logam dalam soket.. waduh.. susah betuul.. nah ndak kurang akal.. ambil cutter terus dipanasin..nah begitu panas langsung digunakan untuk membelah soket  biar bisa mengambil logam penjepit kabelnya.. Akhirnya logam penjepit telah terambil.. dengan aji aji nekat... sudah tersambung.. lagi kabel.. logam penjepit dimasukkan kembali.. ke soketnya..terus..di plester hitam.. pasang soket ke tempatnya semula.. langsung di coba.. dan akhirnya.. jreng..jreng..jreeeeng... bunyi gemericik air mengalir..  dan mesin cuci bisa beroperasi lagi. Modal nekat dab..hihih

Selang beberapa bulan kemudian.. setelah kerusakan pertama terjadi.. masalah timbul lagi.. dengan mesin cuci tersebut.. Mesin cucinya ngadat alias tidak mau power on...  Langsung kesimpulan diambil.. kerusakan pasti karena si tikus..edyan..ik.. Nah..pas berhasil buka tutup perlindungan kabel.. langsung terpampang dengan jelas lima kabel terputus.. (dua kabel terputus di tengah..tiga kabel terputus mepet soket lagi.)tiga kabel terluka.. doooh.. ancen ik tikus nggragas.. ik..  Bingung bin mumet.. dan kawan kawan.. Yach.. mau ndak mau nih harus panggil yang ahli nih..Ambil sepeda onthel.. langsung meluncur ke tukang reparasi di seberang jalan. Begitu sampai langsung mengutarakan maksud kedatangan daku... Dan si tukang ini menjanjikan jam 13.00 akan ke rumah.. Suipp..

Jam 13.00 tepat di jarumnya.. jarum jam bergeser sudah dari waktu yang dijanjikan..sampai jarum ke pukul 14.00 eh belum datang juga.. Ya udah.. mungkin repot..jadi belum bisa datang.. Coba mungkin waktu lain.. Di waktu yang lain tetep posisinya tidak ada tanda-tanda kedatangan tukang reparasi.. sampai.. ibu mertua nyamperin untuk yang kedua kalinya.. juga belum datang.. pas ditanyakan alasannya lupa.. terus minta bantuan juga dengan tetangga agar berkenan menyampaikan pesan daku untuk datang ke rumah.. Eh tetep juga ndak datang.. Wah ini.. mungkin orang ini kagak niat nih..untuk datang.. Ya sudah.. akhirnya..coba kita perbaiki sendiri... kabel yang terputus tengah..kita sambung, dan yang terluka kita plester..kembali.. Nah.. masalah timbul adalah kabel di soket.. nih.. Kalau dulu daku berani ngebelah karen cuma kaki dua.. eh ini kaki tiga soketnya.. agak pusing juga.. 

Kesimpulan berikutnya melihat kondisi tersebut.. muter Jogja nyari soket.. Setelah ditentukan hari dan tanggalnya.. perjalanan mencari soket pun dimulai.. Setiap toko alat listrik, toko elektronik, assesoris... ketika di tanya.. tentang keberadaan soket jawabannya sangat kompak dan seragam.. tidak punya..doooh.. repot betuuul... Sampai akhirnya saat pulang dari kongkow-kongkow.. iseng-iseng mampiri di toko onderdil mobil.. untuk menanyakan keberadaan soket.. dan jawabannya sama tidak punya.. namun dari sinilah akhirnya menemukan jalan keluar mengatasi kerusakan tersebut. Ada masukan dari bapak penjaga counter.. agar disambung langsung saja.. terus di kasih kondom kabel yang pipih.. atau kalau tidak di beri plester bakar.. untuk keamanan kelistrikannya... Berhubung kondom pipihnya ndak ada akhirnya daku beli plester bakar..Sampai rumah.. langsung mengoprek mesin cuci.. sambung sana sambung sini.. plester bakar dipasang.. kemudian dipanasin... lengket.. dan aman.. Satu persatu mulai tersambung.. dan akhirnya kelar..sudah.. pasang kembali tutupnya... dan jreng..jreng.. nyala dach.. modal nekat dab...hihihihi...

Modal nekat... kadang kala memang dibutuhkan untuk sebuah perjalanan kehidupan.. karena tanpa modal nekat..kadang..kita hanya terhenti pada satu titik saja.. Nekat tidak sekedar nekat tapi juga harus ada perhitungan yang tepat.. Oke.. itu saja berita untuk kawan dari daku..





Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

16 comments:

  1. ketok dari ambune kok, om
    nekatan banget, haha...

    ReplyDelete
  2. Hahahaha... tak sangkain cuma dirumahku aja um tikus tikus pd ganas, jebul ditempatmu lebih ganas lagi sampe mesin cuci rusak 2x :) pasangi lem tikus um sing jumbo dijamin tokcer, aku masang semalem aja bisa kena 6 tikus... tp jangan diracun um nanti matinya kemana2...

    Bener lah kata2mu kadang nekad itu emang perlu, urusan bisa ato nggak ya belakangan lah yg penting dicoba dulu :D

    Selamat Tahun baru um...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ngelem hora wae om.. malah sampe mana..mana cen.an..

      Delete
  3. the power of kepepet kayaknya heheheh..:D

    ReplyDelete
  4. terkadang dengan modal nekat kita bisa memperoleh keahlian yang tak terduga loh....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eaa. kang.. nekad lan kepepet.hihihih

      Delete
  5. berarti bonek ya, bondo nekat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups.. om.. lah ntar..nggak jalan..jalan je.. om.. ngandalin tukang servis.. kagak pernah datang...

      Delete
  6. plester bakar itu yang kayak apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. plester bakar.. gimana eaa ngejelasinnya om.. kayak selang kecil om.. nanti.. perekatannya di panasin.. besok dah.. daku posting...

      Delete
  7. hahahaha. mesin cuci bikin pe-er. untuk nekat akhirnya berhasil jugaaaa.

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....