Logat Bahasa

16:32 HB Seven 5 Comments

Peta Indonesia (dr Wikipedia)
Sebenarnya daku mau corat coret ini.. sudah lama, namun karena ide ini sering timbul tenggelam...dan kadang ide ini timbul kala sedang berkendara motor.. so.. pan ndak sempat tuk menuliskan... eh.. pas habis berkendara... tenggelam dech.. ide ini... nah ini mumpung masih.. ingat dan mupeng... daku bisa corat-coret..dech..tentang logat bahasa. Logat bahasa.. sampai saat ini masih menjadi perdebatan di kalangan para selebriti.. kalangan yang paham akan bahasa.. terutama.. terkait masalah logat, pengucapan.. de..el..el..

Logat bahasa.. masing masing daerah mempunyai karakter dan logat yang pastinya khas.. sesuai dengan karakter, lingkungan sekitar. Di Indonesia sendiri logat bahasa sangatlah beragam. Nah.. yang menjadi persoalan saat ini khususnya di kalangan artis.. ataupun para penggiat bahasa.. adalah medhoknya seseorang kala berbahasa Indonesia atau berbahasa Inggris. Paham pan dengan yang daku maksud medhok. Oke..dach.. kalau belum paham..coba daku jelasin... apa maksudnya... "Oke.. tangan diatas meja.. duduk..yang tegak.. perhatikan papan tulis eaa..'" hihihi... "Halah malah kayak mengajar di kelas wikiwk.." Medhok.. apa eaa agak susah sih ngejelasinnya..Bentar eaa. daku tak tanya dulu ama mbah..Google... Eh.. kawan-kawan cari sendiri aja dech..hihih..wikikiki...

Intinya adalah kalau kita berbahasa Indonesia... dengan pengucapan yang medhok banget..kadang dibully atau diejek.. terutama ada beberapa artis.. yang sering menjadi juri di ajang pencarian bakat..sering bilang atau meminta kepada para peserta pencarian bakat..agar medhoknya dihilangkan.. Nah.. yang menjadi soal..sekarang adalah banyak juga para artis yang bahasanya medhok banget... namun hal itu tidak menjadi persoalan... bahkan yang dulu bahasanya tidak medhok.. malah dimedhok-medhokan.. lah..piye..jal..

Lanjut boleh.. Oke..kalau boleh dilanjut.. Kita masih ingat.. Presiden Jokowi.. kala berpidato..di Forum Internasional... Yups.. Beliau memakai bahasa Inggris.. dan..ternyata bahasa Inggrisnya adalah bahasa Inggris Jawa.. alias.. dalam penyampaian..bahasa Inggris..logatnya dengan logat Jawa..dan ternyata di telinga dengar para peserta forum tersebut juga enjoy saja dan mereka juga paham dengan apa yang disampaikan Presiden Jokowi. Dan mereka juga tidak meributkan akan masalah logat Jokowi dalam menyampaikan pidatonya. Nah yang ribut malah rakyatnya sendiri terutama yang sudah merasa pintar dan paham bahkan ekspert dalam berbahasa Inggris. Menurut mereka, bahasa Inggris beliau tidak patut... karena... berlogatkan Jawa... bagi daku.. sih..sah..sah..saja... beliau menyampaikan pidato bahasa Inggris dengan logat Jawa...asal pengucapannya tepat.

Viva Indonesia
Kalau mau mendengar bahasa Inggris medhok logat asli banyak kok.. misalnya orang India dalam berbincang pun mereka medhok dengan logat Indianya... Orang China/Tiongkok.. mereka juga medhok dalam berbahasa Inggris dengan medhok mandarinnya.. dan para penikmat bahasa juga ndak mempersoalkan.. Tapi.. itulah Indonesia.. dengan masyarakatnya ...yang seolah olah malu.. kala logat asli sangat kentara.. dalam berbincang...

"Medoknya nggak masalah, orang Australia pakai logatnya juga nggak masalah. Apa adanya saja, kalau memang itu bahasa Inggris Pak Jokowi. Sepanjang informasi yang di kepalanya tersampaikan," Hikmahanto Juwana. (Membedah Pidato Medok Berbahasa Inggris di KTT APEC/News.Liputan6.com)

"Indonesia terdiri dari beragam suku, budaya, serta logat khas. Yang mana itu merupakan salahsatu bentuk dari keindahan dan keelokan Indonesia"


Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

5 comments:

  1. Logat bahasa menjadi ciri khas, termasuk medhok. sing ra seneng mreneo, tak cipok!

    ReplyDelete
  2. jadi kesindir aku kang, sering nuis repiu sok-sokan pake english, padahal strukture dibikinin gugel translate :D
    met aktipitas kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiah..nggya men ik..mentang mentang le prepiu.... dah dolaran..wiki

      Delete
  3. kalau di padang, anak mudanya ngomong gue-lo pake logat minang huihhihi

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....