Kutilang

11:09 HB Seven 11 Comments

Kutilang
Kutilang.. ehmm sebuah nama burung yang sempat menjadi hits.. di era lama. Bahkan ada yang menciptakan lagu karena terinspirasi oleh burung kutilang ini.. dan lagu tersebut menjadi hits.. bahkan menjadi trend lagu anak anak. Secara burungnya juga pernah menjadi trendsetter dikalangan para pemelihara burung. Yups.. burung kutilang pernah mengalami jaman keemasanya.. Namun untuk saat ini burung kutilang.. sangat dijauhi oleh para penikmat burung.. terutama bagi para pemelihara burung lomba.. Kenapa hal tersebut bisa terjadi.. tetap baca sampai bawah eaa.. ntar ada kok jawabannya... 

Kutilang.. nah sebelum itu kita kenalan dulu dengan burung kutilang ini.. menurut wikipedia.. ni.. burung kutilang.. ini dalam bahasa Inggrisnya Sooty-headed Bulbul sedangkan nama ilmiahnya Pycnonotus aurigaster. Nah kalau di Indonesia sendiri banyak banget namanya tergantung wilayah dimana dia tinggal. Kalau tinggal di Jawa Tengah namanya Kutilang atau Thilang, sedangkan kalau tinggal di Jawa Barat disebut Cangkurileung.  Burung Kutilang suaranya sangat khas.. dan apabila kita mendapatkan burung ini dari lolohan, suaranya bisa kita beralternatif suara burung lain. Bahkan apabila kita rajin dalam memaster burung ini, suara aslinya bisa hilang digantikan suara burung lain yang kita masterkan ke burung kutilang ini. Dan dalam pemeliharaan burung ini bisa kita umbar alias lepaskan apabila memang burung ini udah jinak..dan bisa kembali ke sangkarnya dengan sendirinya. Tetapi dengan catatan hal tersebut harus melalui proses latihan.. 

Kutilang.. ini perawatannya relatif mudah.. Pada dasarnya burung kutilang ini adalah pemakan buah.. namun untuk rawatan harian buah bisa diberikan selang seling.. Makanan penggantinya bisa diberikan pakan wujud voer.. sehingga..apabila pas ditinggal beberapa hari.. makanan tetap tersedia. Makanan tambahan bagaimana atau extrafooding-nya bagaimana.. Nah.. kalau ini sih terserah pemeliharanya.. mau dikasih atau tidak.. Kalau mau dikasih.. bisa diberikan jangkrik atau ulat hongkong secukupnya..  So begitu mudah kan. Oh, ya jangan lupa kandang senantiasa dibersihkan.. karena kotoran burung ini termasuk kotoran yang basah.. sehingga apabila kalau tidak dibersihkan tiap hari, maka kemunculan akan bau kotoran sangat rentan.. hihihih

Kutilang.. burung ini apabila udah usia mapan.. biasanya akan rajin berkicau.. dan akan membuka sayapnya... dan juga bisa dijadikan pertanda.. akan kedatangan seseorang.. Biasanya ni, kalau burung udah mapan, apabila ada orang yang datang.. maka kutilang akan membuka sayapnya sambil bersiul ria dengan kerasnya.. so.. hal ini bisa menjadi alarm alami..wikiki..Walah ada kelupaan.. ni..oh, ya ciri burung tilang yaitu.. kepalanya berbulu hitam dan berjambul .. badan berbulu coklat coklatan, terus dipantat bulunya warna kuning atau jingga, bulu dada putih...

Kutilang .. dikalangan para pemain lomba sangat dijauhi.. karena suara burung kutilang bisa merusak harga burung yang dilombakan.. Maksudnya.. begini.. ketika di rumah ada yang khusus lomba.. misalnya burung cucak hijau.. dan materinya bagus.. namun tiba tiba suara burung tersebut kemasukan suara burung kutilang.. maka.. habislah nasib burung tersebut.. dan apabila dijual pasti murah.. betul.. Kenapa burung kutilang menjadi burung [kambing] hitam dalam hal tersebut.. entahlah.. tapi yang pasti opini umum seperti itu.. oke.. 

Salam Tilang Tilung




Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

11 comments:

  1. Burung kutilang, familiarnya krn lagu... " burung kutilang bernyanyi..." :))

    ReplyDelete
  2. Burung kutilang, familiarnya krn lagu... " burung kutilang bernyanyi..." :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbakyu... dan terkenal banget lagu itu..

      Delete
  3. Ngene coba pertanyaane tak balik knp gak burung kutilang yg dilombakan? Lha kan dia jago niru suara burung lain hahaha

    Tapi aku kok agi weruh um kutilang iso muleh dewe kaya burung dara nek dilepas ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah embuh kui kang.. hehehh.. yen tilang bisa kang mulih dhewe.. krn ttilang lebih mudah dijinakkan

      Delete
  4. terkenal namanya, tapi gak semua orang pernah melihat ini burung...

    ReplyDelete
  5. Kalo dulu saudara saya ada nih yg suka banget piara burung kutilang.
    Tapi malah ilang dicuri orang..
    Huhuhu
    :'(

    ReplyDelete
  6. iseh sok melu lomba ora kang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hora je kang... males..ngusung kurungan..wikikiki

      Delete
    2. waahhh padahal manuk e akehhh

      Delete

Matur nuwun komentaripun....