Bioskop Yang Pernah Eksis di Jogja

10:42 HB Seven 9 Comments

Bioskop Yang Pernah Eksis di Jogja.. Hai..hai..haii... jumpa lagi kawan.. di..acara perbloggeran... lama.. nian daku..kagak bercerita..disini... sampe..gubugku lumuten dan sawangen.. karena lama tak disua...hihihi... well.. ni..mumpung lagi ada ide.. atau cerita.. bolehlah daku kembali menuliskannya... Bioskop Yang Pernah Eksis di Jogja.. sebuah ide..yang terlintas kala daku lewat alun alun utara menuju arah gondomanan.. Nah pas lewat..teringat bioskop Soboharsono terus timurnya lagi bioskop Widya.. Nah dari itu kemudian muncul ide tuk mengunjungi blog daku ini dan memberikan coretan kembali...hihihi..

Bioskop Yang Pernah Eksis di Jogja. Era perbioskopan memang sempat mengalami booming.. sampai sampai di sebuah daerah  minimal ada 2 bioskop.. ini utk wilayah  kota kecil.. Sedangkan kalau kota besar bisa sampai terisi 10 bioskop.. Sebegitu boomingnya sehingg a kalau tidak nonton di bioskop tidak keren.. terutama di bioskop yang harganya mahal di masa itu. Sebuah kebanggaan apabila bisa nonton lebih awal akan sebuah film yang jadi trending topik. Dan ini biasanya pemutaran awal di bioskop kelas "eksekutif". So wajarlah kalau kemudian gengsi ikut berperans serta. hihi..

Bioskop Yang Pernah Eksis di Jogja.. eaa.. sudah ni daftar bioskop yang pernah eksis di Jogja antara lain Galaxy Theater  posisinya di Borobudur Plaza berdampingan juga dengan Golden Theatre,  Arjuna Theater ni daku lupa tempatnya dimana, namun bioskop itu pernah ada.. Ratih Theater  terdiri dari Ratih 1 dan Ratih 2.. bertempat tinggal di Jln Mangkubumi.. dan bioskop ini merupakan pertama kali daku nonton film di sebuah Bioskop. Selanjutnya  Indra Theater posisinya di depan pasar Beringharjo..ini bersaudaraan dengan Permata Theater di jalan Sultan Agung, Yogya Theater nah ini pun bersebelahan dengan Senopati Theater kalau Yogya theater berada di sebelah timur, Senopati di sebelah barat tepatnya terminal shopping.

Ada juga President Theatre berdomisili di Jl. Solo tepatnya dekat RS Bethesda, serta di seputaran Jalan Solo ini tampak pula Rahayu Theatre, Mitra Theatre. Nah kalau daerah Wates Kulonprogo ada bioskop Remaja Theatre. Kotagede dengan Istana Theaternya yang cukup murah banget.. Untuk kelas menengah ke atas ada Mataram Teater yang terletak di Lempuyangan selatan Jembatan Layang, terus juga ada Regent 1-4 dan Empire 1-4, keduanya berdomisili di Jl. Solo. Tempat nongki nongki kawula muda Jogja kala itu..

Bioskop-bioskop di atas pernah mengalami masa jaya ... baik untuk yang kelas menengah ke bawah ataupun menengah ke atas... mesti ramai terus terutama saat weekend.. Namun, seiring dengan makin maraknya vcd.. terutama penyewaan vcd film, kemampuan Bioskop untuk menjaring penonton menurun drastis, satu per satu mulai tutup.. Terakhir yang tutup adalah Mataram Teater... Namun, untuk saat ini kembali dunia perbioskopan mulai berjaya lagi... Hal ini terbukti dengan adanya Empire XXI, Cinema XXI, Jogja City Mall XXI.





Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

9 comments:

  1. om om, sawange sing nang pojok gendeng... diresiki sik om hiihihi

    kira kira bioskop lama tadi, bisa sebesar XXI gak ya misalkan buka lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkk..eaa om..tak resiki ntar dah.. lah kui om..iso ora yo

      Delete
  2. Belum pernah nonton di JOgja secara gak tinggal di sana :))

    ReplyDelete
  3. ijin nyontek infone yaa..pengen ngelengkapi artikel tentang Bioskop Permata kihhh

    ReplyDelete
  4. beneran kang. semua bioskup yang disebutkan, belum pernah sekalipun ndemok lawange :D
    #ndesotenanan

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....