Tutur Tinular

06:41 HB Seven 2 Comments

Tutur Tinular.. Sebuah sandiwara radio yang pernah berkibar menghiasi angkasa siaran radio di ranah negeri ini, kembali muncul dalam jagad siaran media elektronik. Munculnya kali ini bukan di radio tapi di televisi. Bagi kawan kawan generasi 90 an pastinya akrab dengan Sandiwara Tutur Tinular ini. Kalau ada yang ndak ingat dengan sandiwara ini pastinya.. dulu ndak pernah punya radio eaa.. he..he.he.. atau bisa jadi karena tidak suka mendengarkan sandiwara radio, ehmm bisa juga karena faktor U sehingga menjadi lupa.. #eh..  Cieee....cieee..yang ketahuan nilai U nya sudah berapa di tahun ini.... Jangan ngambek gitu dunk.. kelihatan jelek lho..kalau ngambek bin manyun gitu..hihihihi..

Tutur Tinular... Oke dech.. kembali ke Leepi... nih.. sedikit flashback serial Tutur Tinular ini menceritakan seorang pendekar yang hidup di Jaman peralihan kekuasaan dari kerajaan Singasari ke kerajaan baru yang didirikan oleh Raden Wijaya, yaitu kerajaan Majapahit. Pendekar tersebut bernama Arya Kamandanu. Arya Kamandanu ini adalah putra seorang Mpu Hanggareksa yang ahli dalam pembuatan pusaka. Arya Kamandanu seorang pemuda yang baik hati dan tidak sombong, senantiasa membela kebenaran. Arya Kamandanu mempunyai kakak bernama Arya Dwipangga, yang kelak akan dikenal dengan julukan "Pendekar Syair Berdarah"... Arya Dwipangga ini berbeda banget sifatnya dengan Arya Kamandanu dimana Arya Dwipangga sangat licik dan senantiasa menelikung... 

Nah udah pada ingat ta.. belum eaa... masak siih.. ok.. kalau belum ingat.. lanjut lagi dah flashbacknya.. Arya Kamandanu adalah murid dari Mpu Ranubaya.. Semasa berguru kepada Mpu Ranubaya, Arya Kamandanu mampu menguasai ilmu Aji Saepi Angin, selain itu pula juga mampu menguasai Jurus Naga Puspa.. yang mana ilmu ini merupkan sebuah ilmu yang digdaya dimana ilmu ini pula yang digunakan oleh Arya Kamandanu untuk menaklukan liarnya kekuatan Pedang Nagapuspa. Oh, ya hampir lupa Arya Kamandanu mempunyai kekasih, Nari Ratih dan Mei Shin. Nari Ratih akhirnya diperistri oleh Arya Dwipangga, sedangkan Mei Shin menjadi istri Arya Kamandanu.

Tutur Tinular.. Ok.. dah pada ingat... Masih belum ingat... hadeeeh.. yang bener aja nih..padahal udah didongengin panjang lebar lho.. Oke deh kalau belum ingat.. nih..tonton aja dah di sebuah stasiun televisi swasta di negeri ini tiap hari Senin malam ama Kamis malam kalau ndak salah. Jam tayang 21.30 kayaknya.. yang pasti cerita Tutur Tinular ini juga akan mengingatkan kembali akan sejarah kerajaan-kerajaan di negeri ini, khususnya kerajaan Singasarai dan Majapahit. Yup.. sandiwara ini berlatarbelakang akan kedua kerajaan tersebut. So, bagi kawan kawan yang udah lupa atau bahkan belum tahu akan kebesaran kedua kerajaan tersebut maka tontolah serial Tutur Tinular ini. Bagi yang lupa..bisa ingat kembali, bagi yang belum tahu pastinya mendapatkan pelajaran sejarah disamping mendapatkan hiburan Namun untuk pasti dan jelasnya silahkan buku sejarah Indonesia.. hiihii.

Ok masdabro dan mbakbro kesian eh keliru maksudnya sekian dulu..ni coretan daku.. kali ini.. yach seperti biasa sih.. sekedar posting aja.. biar ndak sepi...hehehe...Salam dah... Indonesia Banget Pokokmen...


Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

2 comments:

  1. daku masih ingusan om, jaman nonton itu di seri indosiar.
    gara2 pak dhe dwipangga jd seneng bersyair,
    ampe apal syairnya buat nari ratih wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Sorry ki suhu guru cm berhubung umurku msh agak imut2 jd aku blas gak inget pernah denger siaran radio tutur tinular wkwkwkwk

    Tapi klo serial TVnya dlu ntn paa di indosiar ato RCTI lupa. Kira2 pas msh umur 2 thn wkwkwk

    Jane pendekae sejati di kisah ini alkatro kamandanu. Cm masalahe zaman itu dia udh hijrah ke mancanegara hahaha

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....