Sahabat Pena

14:24 HB Seven 0 Comments

sahabat pena
Sahabat pena, istilah yang mana untuk saat ini mungkin sudah menjadi kata yang asing.. bagi kawan kawan. Ok dah, nih sedikit mengingatkan kembali apa itu pengertian sahabat pena. Menurut daku sahabat pena adalah jalinan pertemanan yang terjalin melalui surat menyurat. Yang dimaksud pertemanan disini tidak hanya sebatas teman yang dikenal langsung alias sudah kenal, tetapi juga berteman dengan kawan kawan yang berada di luar kota atau di luar pulau, bahkan sampai ke luar negeri dimana kita belum pernah kenal sama sekali sebelumnya.

Lho, kok belum kenal sama sekali bisa menjadi sahabat pena, dan darimana bisa mendapatkan alamat komplitnya, karena secara surat menyurat kan butuh alamat komplit. Barangkali itu eaa.. beberapa pertanyaan yang ada di benak kawan kawan. Kita bisa kenal dengan sahabat pena yang keberadaannya nun jauh disana biasanya melalui majalah-majalah remaja. Yups..biasanya di majalah majalah tersebut terdapat halaman korespondensi yang memuat foto 3x4 disertai data diri, baik itu tanggal lahir hobi alamat komplit. Nah dari situlah kemudian guratan guratan pena dalam selembar kertas mulai di goreskan, yang mana apabila sudah menjadi surat terus dikirimkan kepada seorang calon sahabat pena. Apabila mendapatkan respon, maka pastilah surat balasan akan tiba. 

Seru memang sahabat pena ini, bagaimana tidak seru karena untuk menulis pasti kita harus menyiapkan bahan atau ide agar bisa dibuat surat yang indah, kemudian dalam menulis surat dengan penuh hati hati agar jangan sampai salah kata atau salah tulis, antri di kantor pos, dan yang paling seru adalah menunggu surat balasan dari sahabat pena yang pernah dikirimi surat. Rasa menunggu balasan surat campur aduk bisa deg-degan, waktu terasa lambat, pokoknya macam-macam dah..Kadang saking tidak sabarnya, ketika ada Pak Pos lewat pasti nanya "Pak ada surat buat saya tidak" Selain keseruan di atas, keseruan lainnya dan bisa jadi ini harapan utama dalam korepondesi adalah mendapatkan jodoh. Yups.. banyak kawan kawan yang mendapatkan jodoh dari hobi korespondensi ini.

Nah karena medianya adalah menulis surat, sehingga pastinya butuh kertas untuk menulis. Beragam kertas surat menyurat sangat beragam. Kalau untuk menulis surat kepada orang tua, kawan biasa, saudara pake kertas bergaris biasa, untuk sahabat pena yang dekat kertasnya bisa warna warni, untuk sahabat pena yang akhirnya berpacaran kertasnya selain warna warni pastilah beraroma wangi. Well .. sehingga seorang yang sering menjalin komunikasi dengan para sahabat penanya pasti kertas suratnya tidak satu jenis,, tapi beragam kertas surat pasti dimiliki, dimana penggunaannya disesuaikan kebutuhan.

Seiring kemajuan zaman dan teknologi, proses yang dilalui untuk menjadi sahabat pena ini yaitu  melalui surat menyurat via pos sudah mulai ditinggalkan. Sejak munculnya aplikasi chatting MiRc, Yahoo Messenger semakin ditinggalkan surat menyurat ini. Apalagi sejak kemunculan aplikasi Friendster, sebuah aplikasi ajang pertemanan yang sempat booming  jalinan persahabatan menjadi begitu mudah, Begitu Friendster tutup, diganti dengan Facebook sebuah aplikasi untuk jalinan yang lebih mudah dan simple dalam menjalankannya,  dimana Facebook mempunyai fasilitas chatting baik via ketik maupun video, selain itu juga bisa komentar di status kawan kita. 

Dengan beragam aplikasi sosmed yang ada saat ini, sekarang begitu mudahnya kita mencari kawan atau sahabat. Namun istilah yang tepat untuk sahabat di era sosmed ini bukan sahabat pena melainkan sahabat sosmed. Kalau dulu kita pasti meraba orangnya melalui foto 3x4 hitam putih,sedangkan sekarang kita tidak perlu meraba lagi, karena saat ini sudah ada fasilitas foto dan video call, so..begitu mudah, apalagi saat ini sedang demam selfie.. makin cetho melihat kawan kita. Bahkan via sosmed ini apabila kita ingin mencari sahabat dari luar negeri wow.. oke banget.. dan lebih mudah. Masalah jodoh pun banyak pula yang terjalin..hihihi.. bahkan gara gara sosmed pula banyak yang clbk #eh...

Itulah sahabat pena.. yang sempat mengalami kejayaan...  dan semua yang pernah mengalami masa itu adalah para jagoan dalam bersyair hihihi....

Yowis lah.. sampai disini dulu.. soir.. kata katane.. ambyar.. wkwkwk...


Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

0 comments:

Matur nuwun komentaripun....