Mbedhidhing

07:24 HB Seven 23 Comments

Mbedhidhing sebuah istilah dalam bahasa Jawa yang biasanya di ungkapkan ketika hawa disekitar kita sangat dingin. Dengan kata lain hawa dingin mencapai titik yang sangat dingin. Hal ini terjada antara bulan Mei sampai bulan Agustus. Hawa dingin ini biasanya terjadi ketika hari menjelang sore sampai pagi hari kurang lebih pukul 08.00. Kalau pas puncak mbedhidhing, biasanya pukul 15.00 hawa dingin sudah sangat terasa, bahkan pada saat momen ini bagi yang jarang mandi pastinya akan lebih jarang lagi dalam melakukan ritual mandi, karena memang sangat dingin banget..hawanya. Itu baru pukul 15.00 nah semakin sore yang pastinya semakin maknyess.. uaaaaadeeeeeem tenaaaaan.. alias duiiiiingiiiin buaaangeeeet...

Saat ini di wilayah Yogyakarta, mbedhidhing telah muncul, hal ini di tandai ketika pagi hari khususnya pukul 05.00 pagi sampai pukul 08.00 hawa dingin masih saja terasa, bahkan ketika mandi yang biasanya tidak kedinginan saat ini sudah mulai kedinginan. Yogya uadem..tenaan... he.ehhe.. Pernah saya ketika pulang dari kota naik pit motor merasakan sekali perubahan hawa panas ke hawa dingin. Pada waktu itu pukul 15.00 atau 15.30 saya melintas dari kota pulang ke rumah lewat jalan wonosari. Pas di kota hawa hangat masih terasa, namun begitu sudah mendekati rumah pergantian hawanya sangat terasa.. maknyesss ... anyeeeepp..banget... hadeeew.. padahal waktu itu ndak pake jaket, pastinya.. brrrrr..brrrr.... Hal tersebut terjadi pas puncak-puncaknya mbedhidhing.... pokoknya uadeeeeem ..tenan... dab...!!! Hembusan angin yang biasanya membawa rasa sejuk.. pas mbedhidhing membawa rasa dingin...

Nah.. bagi yang mempunyai persoalan dengan sakit gigi, segera periksa ke dokter dan minta obat.. biar.. nantinya tidak sakit kala puncak mbedhidhing... datang... yoo...thooooo..... Juga bagi para kawan yang jarang pakpung alias jarang mandi... silahkan itu hak prerogatif...kawan..kawan semua...wkkk.wkk...kkk. Buat teman misteri he.hehe... di okehi..le rangkepan sarungnya ya.... baik yang lemir atau..bukan..wkkk.wkk.. #gubrak......




Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

23 comments:

  1. mbedinding di tempatku ora ono, onone opo yo...mrekinding kayane

    ReplyDelete
    Replies
    1. weh..mrekinding..biasane.. yen wedi..om..

      Delete
    2. ya, mrekinding itu bulu kuduk berdiri , jadi apa ya istilah di tempatku

      Delete
  2. emang dingin banget ya jogja,? kiarin panas, pas di sana seminggu ga terasa dingin ah. apa beda daerah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi beda wilayah..beda kondisi..

      Delete
  3. aku takut dgn air dingin loh, kalau nyebur berenang aku takut2 masuk airnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. he...he.he.. kok bisa..sih om.. wah mandinya air hangat teruuus..dunk.

      Delete
  4. Wah sob, kalo pas mongso bedhidhing, randa akeh gak mangkate hahahaha....

    ReplyDelete
  5. bukan mblegidhig yo om..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..yen..bagian mblegidhig..koyone..sampeyan..om.wkk.wkk..

      Delete
  6. ora wero mas, kalo mbledug tau sih

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. nyante..aja...dab.bro..he.he..

      Delete
  8. mbedhidhing juga punya arti lain
    yaitu rasa takut pada ketinggian.

    kalo di tempat saya sih...
    di jogja gitu juga gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di jogja.. untuk hawa yang sangat dingin..mbak...

      Delete
  9. Biasanya kalo lagi mbedhidhing, males pegang air, kulit kering, kaki pecah pecah hehehe....

    ReplyDelete
  10. dijakarta. boro2 merasa dingin..malah panasnya minta ampun hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. he.he.. masak sih mbak.. jogja.. mulai hawa dingin merasuk sukma..je....he.he.

      Delete
  11. kalau disini lagi menjelang summer, sok jadi turis #glunthang
    sik mas ke rumah kang rawin, mo minjem sarung kulit yang bisa hanget luar dalam =))
    disruput riyin wedang jahenya kangmas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. syet..dah.. ini lagi di eropa tho..wah..mantaps.. arep ambil..cek...ya he.he..

      weh... sarung lemir ya om..wkk.wkk...

      Delete

Matur nuwun komentaripun....