XL Memajukan Negeri: Membangun Jiwa Entrepreneurship

14:47 HB Seven 42 Comments

XL Memajukan Negeri, sebuah untaian kata yang mampu memberikan semangat kepada masyarakat terutama generasi muda untuk memajukan negeri. Beragam cara untuk bisa berperan serta dalam XL memajukan negeri sesuai dengan bidang masing-masing. Antara lain, bagi seorang pelajar ataupun mahasiswa dengan cara belajar dengan giat sehingga bisa memperoleh ilmu pengetahuan, yang nantinya ilmu pengetahuan tersebut bisa diaplikasikan untuk memajukan negeri. Bagi para PNS ataupun pekerja, bekerja dengan giat, dan yang terpenting tidak melakukan tindak pidana korupsi. Nah, kalau yang saat ini masih dalam masa penantian mendapatkan kerja alias menganggur bagaimana agar bisa ikut berperan serta dalam XL memajukan negeri? Caranya adalah menjadi seorang entrepreneur.

Xl memajukan negeri dengan menjadi seorang entrepereneur.  Sebuah istilah yang sampai saat ini masih terasa asing di kalangan masyarakat kita. Entrepreneur atau menjadi seorang wira usaha seolah menjadi momok bagi masyarakat kita. Taruhlah ada sepuluh orang dalam satu kelompok, yang ingin menjadi seorang entreprenuer bisa dipastikan hanya satu atau dua orang selebihnya pasti ingin mencari pekerjaan yang "aman". Pengertian aman disini adalah menjadi seorang pekerja kantoran baik itu sebagai PNS ataupun pekerja di perusahaan swasta, dimana tiap bulan mereka sudah pasti menerima gaji tetap tanpa perlu lagi bersusah payah untuk berusaha atau istilah lainnya memasuki zona nyaman. Paradigma seperti itulah yang menyebabkan negeri ini mengalami krisis entrepenuer.

Selain disebabkan oleh paradigma zona nyaman tersebut yang menyebabkan jiwa entrepreneurship masyarakat kita masih minim sekali, juga disebabkan oleh karena ada pemikiran bahwa sekolah atau pendidikan formal adalah sebatas untuk mencari pekerjaan dengan kata lain begitu lulus dan mendapatkan ijazah baik itu ijazah sekolah atau perguruan tinggi langsung dipergunakan untuk mencari kerja alias berstatus sebagai job seeker atau pencari kerja. Pemikiran ini sebenarnya tidak salah, namun kalau dianalisa lagi pemikiran ini hanya berlaku bagi para lulusan sekolah atau perguruan tinggi yang memiliki nilai yang bagus, sedangkan bagi yang mempunyai nilai sedang atau nilai rendah hal ini susah untuk diterapkan kecuali memang ada relasi atau saudara yang bisa mengatrol untuk bekerja disebuah instansi pemerintah atau swasta.

XL memajukan negeri membangun jiwa entrepreneurship. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang jumlahnya kurang lebih sebesar 237.641.326 (Berdasarkan data sementara BPS tahun 2010), maka peluang untuk menjadi seorang entrepreneur di Indonesia masih sangat besar dan potensi pasar di negara ini masih terbuka sangat luas. Apabila dibandingkan dengan  jumlah entrepreneur yang ada saat ini masih sangat  tidak imbang yaitu hanya 0,19 %. Padahal nilai ideal suatu negara untuk jumlah entrepreneurnya minimal 2 % dari jumlah penduduk. Negara ini masih jauh tertinggal dengan negara-negara tetangga yang saat ini telah maju perekonomiannya. Misalnya,  Cina memilik entrepreneur sejumlah 2 %,   Singapura mempunyai pelaku usaha (entrepreneur) sebesar 6-7 %.  Melihat fenomena tersebut maka sangatlah penting membangun jiwa entrepreneurship di kalangan masyarakat terutama generasi mudanya sehingga kelak apabila sudah lulus sekolah atau kuliah bisa menjadi agent of change yang akan membawa suatu perubahan di negara ini menjadi yang lebih baik, bukan menjadi beban negara ini. 

Pentingnya untuk membangun jiwa entreprenuership, karena dengan menjadi seorang entrepreneur bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan di negeri ini. Apalagi saat ini pemerintah telah mengeluarkan moratorium pembatasan penerimaan PNS sejak September 2011. Dengan demikian besar kemungkinan  jumlah pengangguran semakin meningkat dengan adanya moratorium tersebut. Menurut data BPS bahwa jumlah pengangguran tahun 2011terbuka di negara ini  adalah sebesar  7.300.000. Dari angka tersebut pengangguran lulusan universitas adalah sebesar 492.343. Hal ini sangat bertolak belakang dengan harapan bangsa terhadap para mahasiswa sebagai agent of change. (Puguh Winanto: Pendidikan Entrepreneurship Bagi Mahasiswa sebagai Alternatif Solusi Mengurangi Angka Pengangguran di Indonesia). Sehingga dengan menjadi seorang entrepreneur maka secara otomatis akan menciptakan lapangan kerja baik bagi diri sendiri ataupun bagi orang lain. Dan hal ini menjadi salah satu peran aktif untuk XL Memajukan Negeri

Tumbuh kembangnya jiwa entreprenueuship ada yang otomatis berkembang alias berbakat namun ada juga yang didapat secara manual. Otomatis berkembang atau berbakat disebabkan tiga hal yaitu faktor keturunan, lahir dari keluarga pengusaha, kemudian  lingkungan pergaulannya adalah kalangan para pebisnis atau pelaku usaha. Jiwa entrepreneurship untuk kategori ini sangat mudah untuk menjadi entrepreneurship Sedangkan faktor ketiga adalah memang betul-betul tidak mempunyai background lingkungan pelaku usaha. sehingga diperlukan suatu usaha untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship. Meskipun untuk yang mempunyai background bisnis juga bukan jaminan untuk menjadi entrepreneur sejati, bahkan bisa jadi kalah set dengan orang yang tidak mempunyai background bisnis, namun orang tersebut mau berusaha dan melatih skillnya menjadi pebisnis.

Usaha untuk membangun jiwa entrepreneurship dalam jiwa seseorang baik yang mempunyai background bisnis ataupun tidak setidaknya melakukan tahapan-tahapan sebagai berikut. Pertama, harus berani memulai untuk berbisnis atau berani mengambil keputusan untuk menjadi seorang pengusaha. Kedua, mempunyai sifat cuek alias jaim. Bahwasannya untuk bagi para pemula sifat ini mutlak diperlukan karena pastinya nanti akan banyak omongan-omongan yang bisa meruntuhkan mental. Misalnya, "kelak kalau kau sudah berkeluarga anak istrimu akan kau kasih makan apa kalau kamu bisnis seperti itu." Kata-kata tersebut sangat rentan untuk menggoyahkan semangat para pebisnis pemula, sehingga sifat cuek atau mental kuat sangat dibutuhkan dalam usaha untuk menjadi entrepreneur. Ketiga, rubah mindset bahwa bisnis itu sulit atau membutuhkan modal besar dan berupa uang. Bangun paradigma bahwa semua orang bisa berbisnis, dan bisnis tidak harus dengan modal besar.

Untuk merubah mindset tersebut memang sulit, karena dalam pikiran orang pada umumnya sudah tertanam bahwa untuk memulai suatu usaha diperlukan modal besar. Namun, sebenarnya dengan modal kecilpun setiap orang sudah bisa melakukan bisnis. Bisnis yang bisa dilakukan dengan modal kecil antara lain;
Pertama, membantu teman untuk memasarkan barangnya. Dengan cara ini sebenarnya sudah termasuk menjadi seorang entrepreneur, meskipun masih berjalan dengan cara membantu memasarkan barang. Namun dampak dari itu adalah selain mendapatkan keuntungan berupa materi, cara tersebut juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada materi yang didapat, yaitu mendapatkan relasi bisnis. Dengan banyaknya relasi bisnis yang dikenal maka suatu saat ketika menjadi entrepreneur mandiri maka hal itu akan memudahkan dalam melakukan pemasaran produk.

Kedua, XL memajukan negeri yaitu memulai menjadi entrepreneur dari hobi.Pasti semua orang mempunyai hobi tertentu dan tentunya tahu akan seluk beluk hobi yang digeluti, kenapa hobi ini tidak dikembangkan yang semula hanya sekedar untuk memenuhi hasrat, menjadi suatu lahan bisnis. Banyak para entrepreneur yang sukses berawal dari hobi yang digelutinya.

Ketiga, XL memajukan negeri dengan melakukan bisnis online. Seiring kemajuan tekhnologi saat ini, tidak ada salahnya mencoba untuk menjadi entrepeneur melalu bisnis online. Apalagi saat ini PT Axiata (XL) berkomitmen untuk meningkatkan kulaitas kehidupan masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas akses internet untuk mendukung berbagai akses layanan data. Upaya peningkatan kualitas ini antara lain dengan penambahan jumlah BTS di seluruh wilayah Indonesia, dimana saat ini jumlah BTS yang telah terpasang lebih dari 30 ribu BTS (2G/3G). Hal ini  menunjukkan keseriusan XL dalam membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi seluler di seluruh provinsi, sekaligus memenuhi harapan pemerintah dalam membangun jairngan telekomunikasi guna mendorong pemerataan pembangunan di setiap pelosok daerah demi terwujudnya XL Memajukan Negeri. Selain itu juga, XL menawarkan program XL Hot Rod #G+ yang menawarkan paket istimewa Ampuh Hot Rod dengan tarif internetan hanya Rp 1/kb. Caranya pelanggan cukup membeli kartu perdan XL KL1K untuk pelanggan baru. Sedangkan pelanggan lama cukup ketik UMD XL*123# dan ikuti instruksi selanjunya. Dengan Paket ini pelanggan akan bisa menikmati berbagai layanan 24 jam secara cepat dan murah dalam jaringan Hot Rod 3G+ di 8 kota. Semua program tersebut dilaksanakan demi XL Memajukan Negeri. 

Dengan berbagai fasilitas akan kemudahan yang diberikan XL tersebut, maka sangatlah tepat untuk memulai menjadi seorang pebisnis online. Dalam memulai bisnis online dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan XL tidak terpaku harus mempunyai website terlebih dahulu. Langkah awal yang diperlukan adalah memanfaatkan jejaring-jejaring sosial yang saat ini tengah marak di kalangan masyarakat dunia. Facebook, Twitter, Plurk, Koprol dan jejaring-jejaring sosial lainnya. Website dibangun apabila memang sudah dirasa perlu, kalau belum lebih baik memanfaatkan jejaring sosial tersebut.  Selain melalui jejaring sosial, penawaran produk yang ditawarkan juga bisa melalui alamat email, dengan mengirimkan produk-produk yang ditawarkan ke alamat email yang di punyai. Sehingga bisnis online harus mempunyai website harus dihilangkan dari mindset masyarakat yang ingin berbisnis online. Selain itu ubah mindset bahwa bisnis online harus mempunyai stock barang. Bisnis online ini bisa dijalankan seperti point pertama diatas, bahwa tanpa stock barang yang tersimpan digudang setiap orang bisa menjalankan bisnis online. Apalagi XL saat ini telah memberikan berbagai fasilitas yang cukup nyaman untuk melakukan aktivitas online. 




Sedang memuat atikel terkait...

You Might Also Like

42 comments:

  1. It’s so refreshing to find articles like the ones you post on your site. Very informative reading. I will keep you bookmarked. Thanks

    ReplyDelete
  2. Betul sob, negara kita memang kekurangan enterpreneur karena paradigma dimasyarakat jika lulus kuliah harus bekerja jadi PNS atau perusahaan terkenal. Perlu keberanian tinggi untuk bisa berwiraswasta.

    Ikut kontes ya sob? semoga menang deh kontesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..bro..agak berat memang merubah paradigma tersebut... amieen.. thanks..doanya..bro..

      Delete
  3. Buat lomba ya?..semoga menang yak!

    kunjungan baliknya ya
    http://madz666.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. amieen... nuwun mas..dab.....

      Delete
  5. Sukses dan semangat became interpreneur sejati mas fajar

    ReplyDelete
  6. wah bahasanya orang intelek tenan, ketahuan aslinya hehe
    ikut nyimak;
    memang jadi PNS paling aman ya, tak ada sapi kelincipun jadi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung pake..helm,...wkk.wkk..wk.. oalah..ternyata rokomas..tho... hadew... ndelik sik..ah..wkk.wkk...

      Delete
  7. semoga negara kita semakin jaya...salam sukses selalu untuk lomba-nya :)

    ReplyDelete
  8. wah mantap tulisannya mas fajar ini..
    sukses terus mas..

    sudah waktunya makan siang lh
    yuk kumpul di Lounge Event Tempat Makan Favorit Blogger plus

    Salam Bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas..adang.. coba tak meluncur..ke tkp..

      Delete
  9. Replies
    1. amien... terima kasih doanya...

      Delete
  10. sepertinya lomba ya gan? heheh. sukses ya, aku doain aja dari sini.

    ReplyDelete
  11. bener bener semua tentang xl, hahaha. mantap gan artikelnya..

    ReplyDelete
  12. Lomba blog y sob? Siapa yg ngadain sob? Semoga menang y sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. xl bro... yang ngadain..ty..doanya...

      Delete
  13. mulai seneng ngiklan yo om..?
    semoga sukses dah..

    ReplyDelete
  14. kontes dari XL ya sob,, mantaaaap sobat, nyambung XL semua kata-kata,, sukses untuk sobat.. mudah2an menang,, yeeeeeeeeeeeeeesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. amieeen....yesss......he.he.e..

      Delete
  15. selamat berlomba dan semoga menang ya sob

    ReplyDelete
  16. XL Memang kartu yang keren sob..tapi saya tetap setia ma Simpati..

    ReplyDelete
  17. smoga menang yah, tapi follow blogku ya :D
    pasti ku follback :)

    salam kenal

    ReplyDelete
  18. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Kegagalan tidak seharusnya membuat kita rapuh .,.
    tapi justru itulah cambuk kita menuju kesuksesan.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete
  19. Karena berupaya memajukan negeri ini jugalah, aku mengawali dengan menjadi penjual batik.
    Semangat menjadi entrepreneur! :D

    Semoga menang kompetisinya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantaps..om..moga sukses..om..

      Delete
  20. Biarpun bukan enterpreuner mungkin aku termasuk orang yang lebih suka kerja di area nggak "aman" atau yang nggak terlalu terikat sama kerjaan dan gaji :) tapi klo untuk jadi enterpreunership mungkin masih jauh haha...

    salut sama XL yang mau memberikan fasilitas untuk program ini, apalagi dari tahun2 dulu selalu ikut membiayai Pesat Blogger :D

    ReplyDelete
  21. mau Iphonenya dong Om *kedipkedip*

    ReplyDelete
  22. harus lebih banyak orang yg berani mandiri di negri ini sob :D
    sukses ya sm kontesnya :D

    ReplyDelete
  23. assalamualaikum..
    menumbuhkan jiwa wirausaha..sangat menarik dan motivatif mas fajar.
    semoga sukses
    salam

    ReplyDelete

Matur nuwun komentaripun....